Public Service

Bagaimana Pendaftaran Haji di Provinsi Kepri bagi Warga yang Berasal dari Jawa?

Bagaimana syarat pendaftaran haji di Kepri? Saya ingin mendaftar di sini karena antrean haji di Jawa harus menunggu hingga membuat saya semakin tua.

Bagaimana Pendaftaran Haji di Provinsi Kepri bagi Warga yang Berasal dari Jawa?
Tribun Batam
Penjabat Bupati Bintan Doli Boniara menyambut jamaah haji di Asramah haji 

Pertanyaan:

Selamat pagi Tribun Batam. Boleh tau bagaimana cara mengurus pendaftaran haji di Kepri? Saya ingin mendaftar di sini karena antrean haji di Jawa harus menunggu hingga membuat saya semakin tua. Mohon penjelasannya.

Pengirim: +628537867xxxx

Pendaftaran dapat dilakukan di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berdasarkan Peraturan Menteri Agama (Permenag) Republik Indonesia no 6 tahun 2010, Undang-undang (UU) nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, UU nomor 34 tahun 2009, dan beberapa peraturan lainnya, pendaftaran jemaah haji dilakukan sepanjang tahun dengan prinsip pelayanan keberangkatan sesuai dengan nomor urut pendaftaran (nomor porsi).

Pendaftaran jemaah haji dilakukan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten atau Kota sesuai domisili calon jemaah haji.

Apabila pendaftaran haji tidak dapat dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, pendaftaran dapat dilakukan di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Mereka yang memenuhi syarat pendaftarannya antara lain beragama Islam, sehat jasmani dan rohani, memiliki KTP, KK, dan akta kelahiran.

Selanjutnya calon jemaah mengisi Surat Permohonan Pergi Haji (SPPH) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan calon mengisi SPPH dengan menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 10 lembar (latar belakang warna putih), calon jemaah akan menerima lembar SPPH yang sudah ditandatangani dan disahkan oleh petugas, dan calon jemaah membayar setoran awal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Demikian penjelasannya.

Drs. H. Marwin Jamal, M.Ag

Kakanwil Kementerian Agama Kepri

Penulis: Leo Halawa
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help