Tanjungpinang Targetkan 13 Ribu Wisatawan Melalui Even Pariwisata dan Budaya

"Even yang akan kami gelar tahun ini, antara lain Festival Pulau Penyengat, pawai seni, atraksi budaya, festival Sei Carang, dan lomba perahu naga,"

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang tahun 2016, menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai angka 130 ribu wisatawan.

Angka tersebut juga sesuai dengan target yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk Tanjungpinang.

Kepala Disparbud Tanjungpinang, Juramadi Esram mengaku sangat optimis akan mencapai target tersebut.

Salah satu strategi yang dilaksanakan yaitu Disparbud akan memperbanyak even berskala besar yang menarik minat wisman untuk berkunjung.

"Even yang akan kami gelar tahun ini, antara lain Festival Pulau Penyengat, pawai seni, atraksi budaya, festival Sei Carang, dan lomba perahu naga," katanya, Selasa (26/1/2016).

Selain melaksanakan even, pihaknya juga akan melakukan pembenahan objek wisata. Seperti revitalisasi tujuh sumur cagar budaya, menata istana kantor, dan gedung Tengku Bilik, dan sarana pendukung lainnya di Pulau Penyengat.

"Kami juga menggandeng stakeholder lain. Untuk agen tour and travel kami telah meminta mengarahkan ke objek-objek wisata di Tanjungpinang. Dan perhotelan kami minta memasarkan ke luar," ujarnya.

Juramadi mengaku pada tahun 2015 lalu, kunjungan wisman menurun jika dibandingkan tahun 2014.

Tahun 2014 sebanyak 98.098 orang wisman ke Tanjungpinang sedangkan tahun 2015 sebanyak 90.390 orang.

"Tapi kalau kunjungan wisatawan lokal mengalami peningkatan, yaitu dari 239.000 orang menjadi 248.000 orang," kata Juramadi.

Menurutnya, dari hasil evaluasi yang dilakukan, penurunan kunjungan wisman mancanegara tersebut disebabkan beberapa faktor eksternal.

Seperti tidak beroperasinya salah satu kapal ke Singapura beberapa waktu lalu dan kabut asap yang melanda Kota Tanjungpinang.

"Secara logika bisa jadi karena dua hal itu. Karena untuk faktor internal sendiri memang tidak ada masalah. Namun untuk tahun ini, kami sangat optimis target kunjungan Wisman tercapai," ujarnya.(*)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved