Polemik Dana Bagi Hasil, Lis Darmansyah: MoU-nya Dengan Pemko, Mosok Bayarnya ke BUMD

Mosok tiba-tiba BUMD terima uang. Kemudian digunakan. Itu akan jadi masalah. Dasarnya dari mana?. MoU sebelumnya sama Pemko Tanjungpinang

Polemik Dana Bagi Hasil, Lis Darmansyah: MoU-nya Dengan Pemko, Mosok Bayarnya ke BUMD
Tribun Batam/M Ikhwan
suasana penumpang di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah tetap bersikeras agar PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Cabang Tanjungpinang menyerahkan uang bagi hasil pas Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang ke kas daerah. Bukannya ke Badan Usaha Milik Daerah yakni PT Tanjungpinang Makmur Bersama (TMB).

Sikap tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Lis, panggilan akrabnya, BUMD tidak bisa menerima uang bagi hasil pas dari 2013 sampai saat ini sekitar Rp 4 miliar, dari PT Pelindo.

Karena kerjasama yang dijalin sebelumnya, bersama Pemko Tanjungpinang bukan BUMD.

Meskipun kerjasama tersebut sudah berakhir 2013 lalu, namun Pelindo masih memungut tarif pas sesuai kesepakatan kerjasama.

Jadi kata Lis, jika dipaksakan, maka akan menjadi masalah baru di BUMD Tanjungpinang.

"Mosok tiba-tiba BUMD terima uang. Kemudian digunakan. Itu akan jadi masalah. Dasarnya dari mana?. MoU sebelumnya sama Pemko Tanjungpinang," kata Lis, memberi alasan kenapa Pemko tidak mau menuruti permintaan Pelindo 1 untuk melakukan pembayaran melalui BUMD, Rabu (28/1/2016).

Menurut Lis, dia bukan tidak mau menjalin kerjasama dengan PT Pelindo 1 melalui BUMD. Namun menurutnya kerjasama bisa dijalin ketika kewajiban awal Pelindo 1 kepada Pemko sudah diselesaikan.

"Bisa bekerjasama melalui BUMD. Tapi syaratnya Pelindo 1 harus menyelesaikan temuan BPK untuk menyerahkan bagi hasil ke Pemko Tanjungpinang dulu. Bukan melalui BUMD melainkan langsung ke kas daerah. Yang saya lihat uang ini sudah masuk ke kas Pelindo 1 jadi sudah dikeluarkan," kata Lis.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help