Panasonic Merger Bisnisnya di Indonesia, Manajemen Beri Tiga Opsi ke Para Pekerja

Manajemen Panasonic menegaskan tetap optimistis pada perkembangan industri elektronik di Indonesia.

Panasonic Merger Bisnisnya di Indonesia, Manajemen Beri Tiga Opsi ke Para Pekerja
tribunnews batam/elizagusmeri
Salah satu iklan Panasonic di Batam. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Manajemen Panasonic menegaskan tetap optimistis pada perkembangan industri elektronik di Indonesia.

Berkaitan realisasi restrukturisasi industri lampu guna mengantisipasi perkembangan kemajuan teknologi dan situasi pasar di kawasan Asia Pasifik, Panasonic Indonesia melakukan penggabungan dua unit usaha (merger) yang terdiri dari tiga pabrik yang berada di Pasuruan Jawa Timur, Cileungsi Jawa Barat, dan Cikarang Jawa Barat.

“Penggabungan pabrik ini merupakan strategi Panasonic dalam mengantisipasi kemajuan teknologi dan perkembangan pasar terhadap produk lampu LED (Light emitting diode), sehingga lebih fokus pada produksi yang memberikan nilai tambah bagi industri,” kata Presiden Direktur Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Ichiro Suganuma yang juga Chief Representatif Panasonic di Jakarta, yang disampaikan dalam siaran pers yang diterima Tribun Batam, Kamis (4/2/2016).

Menurut Suganuma, penggabungan tersebut merupakan murni masalah teknologi, bukan masalah perburuhan sebagai pihak yang terdampak karena terjadinya merger.

Penggabungan dilakukan semata-mata bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta merespon perkembangan teknologi perlampuan serta tren permintaan pasar.

Suganuma menjelaskan, Panasonic di Indonesia sebelumnya memiliki dua unit bisnis manufaktur di bidang perlampuan, yaitu PT Panasonic Lighting Indonesia (PESLID), berkedudukan di Rembang, Pasuruan, Jawa Timur, memproduksi lampu CFL (lampu hemat energi).

Sedangkan lainnya yaitu PT Panasonic Gobel Eco Solution Manufacturing Indonesia (PESGMFID), berkedudukan di Bekasi, dengan unit lokasi kerja di Cikarang, Bekasi dan Cileungsi Bogor, memproduksi luminer LED untuk pasar domestik dan ekspor, serta juga stop kontak , kotak kontak.

Sejak 1 Januari 2016 PESGMFID dan PESLID resmi bergabung dengan PESGMFID sebagai perusahaan hasil merger dan berkedudukan di Bogor.

Setelah penggabungan PESGMFID menjalankan produksi di dua unit lokasi kerja yaitu di Rembang, Pasuruan, Jawa Timur dan Cileungsi, Bogor. Panasonic menjadikan kedua tempat tersebut sebagai sentra produksi luminer dan lampu LED untuk memperkuat daya saing di pasar domestik dan dunia.

Pada saat ini, kondisi yang terjadi yaitu permintaan produksi CFL menurun di pasar Jepang dan domestik, dengan kecenderungan pindah ke teknologi LED.

Halaman
12
Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved