Jaringan Internet Cepat dari Telkom Masuk Gedung Pemerintah Kabupaten Bintan

"Ini baru berupa MoU, jadi detail kerja sama seperti apa nantinya, kita akan bicarakan lagi dengan Pemkab,"

Jaringan Internet Cepat dari Telkom Masuk Gedung Pemerintah Kabupaten Bintan
Tribun Batam/Aminuddin
PT Telkom Kepulauan Riau dan Pemerintah Kabupaten Bintan menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait rencana kerjasama pengadaan jaringan internet berkecepatan tinggi untuk kegiatan pemerintahan. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - PT Telkom Kepulauan Riau dan Pemerintah Kabupaten Bintan menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait rencana kerjasama pengadaan jaringan internet berkecepatan tinggi untuk kegiatan pemerintahan.

Sebelumnya, Telkom sudah melakukan MoU dengan kota Tanjungpinang, Lingga hingga Karimun.

"Ini baru berupa MoU, jadi detail kerja sama seperti apa nantinya, kita akan bicarakan lagi dengan Pemkab," kata Bisnis Goverment PT Telkom wilayah Kepulauan Riau, Martarini.

Saat ini, Telkom telah menyediakan infrastruktur penunjang jaringan telekomonikasi berupa kabel fiber optik di Kantor Pemkab Bintan. Namun, jaringan kabel tersebut baru sebatas di Kantor Bupati.

Martarini berharap ke depan semua kantor instansi pemerintah sudah saling terhubung jaringan kabel fiber optik.

"Keberadaan jaringan internet layanan digital untuk perkantoran pemerintah sangat penting. Selain mengefektikan kerja SKPD, juga Pemkab mudah memonitoring data dan kinerja anggota," jelasnya.

Dengan adanya kerjasama tersebut, tentunya berbagai pekerjaan Pemkab Bintan akan menjadi ringan. Dengan adanya fasilitas aplikasi layanan internet, sebagai sarana penunjangnya.

Kedepannya, Pemkab Bintan akan menerapkan jaringan internet untuk menghubungkan beberapa SKPD yang telah terpusat di Bintan Buyu.

Sementara Telkom menawarkan program Smart City, yang segala sesuatunya merupakan konsep digital internet dengan berbagai aplikasi sarana informasi visual.

"Untuk turut serta dalam menyukseskan program Pemkab, maka kami akan mendukung dengan segala aplikasi dari perusahaan kami. Tetapi untuk detail program yang akan digunakan, serta berapa nilai kontraknya kita belum sampai ke situ. Karena ini sifatnya pelayanan, maka kami menunggu Pemkab mengenai program apa saja serta aplikasi apa yang akan digunakan kedepan seperti kami menawarkan Smart City tadi," ujar Martarini.

Dengan aplikasi Smart City, tentunya berbagai fasilitas bisa memudahkan kinerja SKPD seperti menjawab persoalan masyarakat. Selain itu informasi kebakaran, dan Telkom ingin mensupportnya.

"Sementara Pemkab Bintan, akan menggunakan aplikasi Smart City dari sisi apa. Karena dari kami, ada aplikasi untuk pantauan kesehatan masyarakat atau keamanan. Untuk saat ini, pemkab masih menggunakan layanan internet browsing saja. Maka kami berharap dua bulan ke depan, akan terealisasi dengan Pemkab Bintan," tambahnya. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved