TribunBatam/

Public Service

Bagaimana Hukumnya Jika Anjing Tetangga Terus Menggonggong dan Mengganggu?

Bagaimana hukumnya kalau anjing milik tetangga sangat ribut waktu malam atau siang?

Bagaimana Hukumnya Jika Anjing Tetangga Terus Menggonggong dan Mengganggu?
Istimewa
Ilustrasi anjing. 

Pertanyaan:

Selamat pagi Tribun Batam. Bagaimana hukumnya kalau anjing milik tetangga sangat ribut waktu malam atau siang? Bahkan suara gonggongnya sampai ke mana-mana. Tak jarang kami tak bisa tidur kalau malam.

Dan sangat terganggu khususnya tetangga samping rumah. Kami sudah omongkan baik-baik sama pemilik namun tidak menghiraukan.

Apakah ini dianggap pidana? Karena Ketua RT di perumahan kami tak bisa berbuat apa-apa. Karena pemilik berasalan itu adalah binatang. Jadi dia tak mau tanggung jawab atau mengamankan anjingnya itu. Mohon penjelasan hukumnya pak. Terima kasih.

Pengirim : +628197865xxxx

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan dan kepercayaan anda kepada kami.

Apabila masyarakat terganggu atas hewan yang dipelihara tetangga tersebut dan sudah diberikan tegor tetapi tetap tidak diindahkan si pemilik anjing, masyarakat yang merasa terganggu seharusnya berhak melaporkan peristiwa ke Polisi Pamong Praja (Satlol PP) Kota Batam baik secara lisan maupun tertulis.

Kenapa ke Satpol PP, karena Satpol PP adalah polisi penegak Perda di setiap daerah se-Indonesia.

Karena dalam Peraturan Walikota Batam (Perwako) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum dijelaskan pada pasal 18 ayat 1 (satu),"Setiap orang/Badan hukum dilarang memelihara/membudiyakan dan menangkarkan hewan/ternak/unggas di lingkungan untuk tujuan komersil."

Halaman
12
Penulis: Leo Halawa
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help