Di Batam Ada 24 Ribu Pencari Kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam Zarefriadi mengatakan, saat ini ada lebih dari 24 ribu pencari kerja (Pencaker) yang ada di Batam.

Di Batam Ada 24 Ribu Pencari Kerja
tribunnews batam/ian pertanian
Sejumlah wanita menonton ribuan pria yang melamar pekerjaan di PT Sumitomo di Kawasan Batamindo, Mukakuning, Batam, Selasa (9/2/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam Zarefriadi mengatakan, saat ini ada lebih dari 24 ribu pencari kerja (Pencaker) yang ada di Kota Batam.

"Kalau tenaga kerja, dari yang urus kartu kuning dapat angkanya 24 ribu. Pengangguran 12 ribu, itu belum termasuk yang dari pengurangan pekerja di perusahaan dan perusahaan tutup. Jadi sekitar 14 ribu," ucap Zarefriadi saat ditemui di Gedung DPRD Kota Batam, Selasa (9/2/2016).‎

Menurut Zaref, pemerintah terus berupaya menekan angka pengangguran namun demikian untuk membangun lapangan kerja bukan hanya urusan pemerintah.

"Soal inikan bukan urusan Disnaker saja, tapi semua. Bagaimana membangun situasi yang kondusif‎, bagaimana menciptakan pengurusan yang baik dan mudah," kata Zaref.

Zaref mengingatkan agar pekerja tidak mengkomunikasikan segala hal dengan berdemo.

Walaupun demo merupakan suatu kekuatan‎.

"Jangan semua dikomunikasikan dengan demo. Saat ini kawan-kawan buruh tetap perjuangkan upah sektor. Kami masih rapat dengan dewan pengupahan, tapi DPK tidak punya kewenangan untuk upah sektor, sekarang bipartit (pengusaha dan pekerja). Kalau ada kesepakatan antara Bipartit baru usulkan ke Pemko. Tapi karena nggak ada kesepakatan mana bisa pemerintah menetapkan," tutur Zaref. (*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved