Nyamuk Penyebab Demam Berdarah Buat 'KO' 117 Warga di Tanjungpinang

sebanyak 117 warga terserang DBD. 83 kasus terjadi pada Januari dan 34 kasus terjadi selama Februari ini.

Nyamuk Penyebab Demam Berdarah Buat 'KO' 117 Warga di Tanjungpinang
Istimewa
Nyamuk penyebab demam berdarah 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Tanjungpinang awal 2016 ini tergolong tinggi.

Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mencatat sampai saat ini sebanyak 117 warga terserang DBD. 83 kasus terjadi pada Januari dan 34 kasus terjadi selama Februari ini.

Tingginya kasus DBD ini juga dipengaruhi faktor cuaca. Karena memang awal tahun 2016 Tanjungpinang memasuki musim penghujan. Sehingga genangan-genangan air berpotensi menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk DBD.

Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang Rustam meminta peran aktif masyarakat untuk ikut memberantas sarang nyamuk. Dia juga menghimbau masyarakat untuk selalu waspada pada penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini.

Dia juga meminta masyarakat untuk cepat tanggap terhadap DBD. Jika ada yang demam lebih dari dua hari sebaiknya langsung bawa ke puskesmas. "Sehingga tidak terlambat ditangani," katanya.

Dari data tersebut, Kecamatan Tanjungpinang Timur masih menjadi sasaran empuk nyamuk Aedes. Ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah pasien dari Kecamatan tersebut. Memang jumlah penduduk Tanjungpinang Timur merupakan yang terbanyak di Kota Tanjungpinang.

"Jentik nyamuk ini hidup di air tergenang yang tidak bersentuhan dengan tanah. Kalau bersentuan dengan tanah nyamuk ini gak bisa hidup. Jadi kita minta warga ikut aktif membasmi jentik Aedes Aegypti. Karena gak ada nyamuk kalau gak ada jentik," katanya.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help