Sulitnya Cari Kerja di Batam

Disnaker: Pencaker di Batam Mayoritas Pendatang karena PT Lebih Suka Cari yang Polos-Polos

Para pencari kerja (Pencaker) di Batam ternyata didominasi oleh orang-orang luar Batam yang datang mengadu nasib.

Disnaker: Pencaker di Batam Mayoritas Pendatang karena PT Lebih Suka Cari yang Polos-Polos
tribunnews batam/ian pertanian
Para pencaker duduk antre menunggu giliran proses verifikasi dokumen untuk PT Sumito Wiring Systems Batam Indonesia di Puja Sera, Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning, Batam, Selasa (9/2/2016) pagi. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Para pencari kerja (Pencaker) di Batam ternyata didominasi oleh orang-orang luar Batam yang datang mengadu nasib.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Maudy Vera Mentang di ruang kerjanya, Sekupang, Jumat (26/2/2016).

"Yang mencari kerja disini orang tempatan asli itu kurang. Yang banyak pendatang sama seperti saya dari Manado, kan AKAD (Antar Kerja Daerah) saya disini itu ikut suami pindah kerja ke Batam" ujar Maudy Vera.

Menurutnya, hal itu disebabkan banyak perusahaan-perusahaan di Batam yang lebih memilih tenaga kerja pendatang ketimbang yang sudah menetap lama di kota ini.

"Perusahaan-perusahaan itu sekarang cari yang polos-polos. Yang baru yang belum terkontiminasi seperti itu maka terjadilah AKAD" kata Maudy.

Sebab itu, lanjut Maudy, pihaknya akan melatih tenaga kerja asli Batam dengan mengikuti kurikulum yang diberikan oleh perusahaan.

"Daripada jauh-jauh mengambil tenaga kerja yang berasal dari luar daerah mendingan ambil orang sini. Kita akan latih segala sesuatunya termasuk attitude (perilaku)nya"katanya. (teuku mifthah)

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved