Garis Hitam Putih di Tubuh Zebra Ternyata Punya Arti. Simak Penjelasan Ilmuwan Ini

Mantel hitam-putih zebra memiliki keunikan dibanding yang lain

Garis Hitam Putih di Tubuh Zebra Ternyata Punya Arti. Simak Penjelasan Ilmuwan Ini
tribunjogja/wikipedia
Zebra Hitam Putih 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Garis hitam dan putih pada tubuh zebra tidak hanya sekadar kamuflase dari musuh-musuhnya.

Dari hasil penelitian para ahli, pola kulit seperti itu memiliki beberapa tujuan kompleks, salah satunya berkaitan dengan pengaturan suhu tubuh.

Mantel hitam-putih zebra memiliki keunikan dibanding yang lain.

Beberapa teori menyebutkan bila garis-garis ini dapat membantu zebra menyamarkan diri dari predator, menghindari gigitan lalat pembawa penyakit dan mengontrol suhu tubuh dengan menghasilkan angin berskala kecil, ketika garis gelap dan terang memanas pada tingkat yang berbeda.

Studi terbaru yang dilakukan peneliti dari Universitas California, Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa garis-garis di sepanjang punggung zebra berhubungan paling erat dengan suhu dan curah hujan di lingkungan sekitar hewan tersebut tinggal.

Penelitian itu dilakukan di 29 variabel lingkungan berbeda di 16 lokasi dari Afrika selatan dan tengah. Temuan ini menunjukkan bahwa garis-garis tersebut dapat membantu zebra mengatur suhu tubuh yang disebut thermoregulate.

"Zebra memiliki kebutuhan untuk mencari makan sepanjang hari yang membuat mereka ke luar di alam terbuka lebih lama dibanding hewan lain.

Mekanisme pendingin sangat berguna dalam kondisi seperti ini," kata Ren Larison, peneliti di Departemen Ekologi dan Evolusi Biologi UCLA seperti dikutip dari Live Science, Kamis (4/2/2016).

Zebra yang hidup di daerah utara dan khatulistiwa memiliki garis ketebalan yang lebih jelas dibanding di daerah selatan yang lebih dingin.

Namun para ahli belum melakukan studi lebih lanjut apakah garis hitam dan putih itu memang dapat menghasilkan angin berskala kecil.

Halaman
12
Editor: nandarson
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help