SIAP-SIAP! Terlalu Sering Intip Saldo di ATM BCA Bakal Dikenakan Biaya

BCA sedang menimbang untuk memberlakukan biaya bagi nasabah yang terlalu sering beraktivitas lewat ATM tanpa aktivitas tarik tunai atau transfer.

SIAP-SIAP! Terlalu Sering Intip Saldo di ATM BCA Bakal Dikenakan Biaya
tribunnewsbatam/ aprizal
Petugas sedang memeriksa ATM BCA di BCS Mall

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Bagi nasabah Bank Central Asia (BCA) yang terlalu sering menggunakan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di masa depan harus siap-siap mengerem aktivitas intip rekening di ATM.

Pasalnya, BCA sedang menimbang untuk memberlakukan biaya bagi nasabah yang terlalu sering beraktivitas lewat ATM tanpa aktivitas tarik tunai atau transfer.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja di tengah-tengah paparan kinerja BCA, Kamis (3/3/2016), di Hotel Indonesia Kempinski.

Menurutnya, penggunaan fasilitas ATM sejatinya tidak benar-benar membuat bank hemat biaya operasional, lantaran pengoperasian ATM ini justru bisa membuat bank jebol.

Biaya yang dikeluarkan oleh bank ini tetap, meski aktifitas yang dilakukan hanya sekedar melihat-lihat saldo.

Ia menjelaskan, harga ATM milik BCA bervariasi, mulai dari US$ 5.000 hingga US$ 20.000 per unit.

Nah, untuk ATM yang harganya US$ 20.000 saja, biaya penyusutan atau depresiasi per tahun bisa mencapai kisaran Rp 200 juta, belum ditambah dengan biaya perawatan atau maintenance.

Biaya maintenance ini diungkapkan oleh Jahja bisa mencapai Rp 144 juta per bulan.

Besaran Rp 144 juta ini mencakup rental kios ATM di pusat-pusat perbelanjaan atau pembuatan kios ATM serta maintenance rutin yang mencakup cek rutin, listrik dan petugas kebersihan.

Yang diungkapkan Jahja tersebut baru biaya maintenance saja.

Halaman
123
Tags
ATM
BCA
Bank
Editor: Sri Murni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved