Gerhana Matahari 2016

Begini Jerih Payah Para Fotografer Batam Abadikan Momen Gerhana Matahari Sebagian

Fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri mengatakan untuk mendapatkan foto gerhana matahari dia datang lebih awal ke Pulau Putri.

Begini Jerih Payah Para Fotografer Batam Abadikan Momen Gerhana Matahari Sebagian
tribunnews batam/argianto
Sejumlah fotografer mengabadikan gerhana matahari sebagian di Pulau Putri, Nongsa, Rabu (9/3/2016) pagi. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Penampakan gerhana matahari sebagian di Batam dapat disaksikan di Pulau Putri, Nongsa, Rabu (9/3/2016).

Meskipun tidak utuh terlihat di Pulau Putri, beberapa fotografer Batam tetap berinisiatif memotret dan tidak ingin melewatkan momen tersebut.

Seperti Kanwa, fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri mengatakan untuk mendapatkan foto gerhana matahari dia datang lebih awal atau subuh hari ke Pulau Putri.

Ia sudah siap dengan perlengkapan kamera 'gede' berikut dengan filter-filterngnya.

Menurut dia, mengambil potret gerhana matahari memerlukan teknik dan tambahan perangkat khusus pada kamera agar mendapatkan foto yang bagus.

Bila mengambil dengan handphone minim mendapatkan foto utuh.

"Gerhana matahari ini tidak bisa dilihat langsung karena bisa membahayakan penglihatan, demikian juga ketika memotret harus disertakan filter, saya sendiri menggunakan filter ND, lumayan mendapatkan potret bagus," jelas dia setelah usai memotret.

Laki-laki bercelana pendek ini mengabadikan dengan baik momen gerhana itu mulai dari saat muncul hingga berakhir.

"Ini adalah momen yang ditunggu-tunggu dan saya tidak ingin melewatkan momen langka di Indonesia. Apalagi sekarang gerhana matahari 100 persen di Indonesia, itu jarang-jarang terjadi. Gak sia-sialah datang ke Pulau Putri,"kata dia.

Sedangkan Weni, anggota PF lainnya yang ikut menikmati momen tersebut mengucap syukur karena bisa menyaksikan gerhana matahari

"Ya meskipun ga bisa dilihat oleh mata langsung, saya senang ikut merayakan momen ini di Pulau Putri," ungkap gadis berjilbab itu.

Momen gerhana matahari di Pulau Putri muncul pada pukul 6.36 WIB memuncak dan terlihat cukup jelas pada pukul 7.25 WIB lalu berakhir sekitar pukul 8.35 WIB.

Di Kepri gerhana matahari hanya 90 persen saja.

Tidak banyak masyarakat yang datang ke pulau ini lantaran untuk sampai ke Pulau Putri harus menaiki pompong dari pantai Melayu, Nongsa. (*)

Penulis: Elizagusmeri
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved