TV Online Tribun Batam

NEWSVIDEO: Beginilah Suasana Gerhana Matahari Total di Batam

"Jadi kalau ada presepsi lain diluaran sana, itu hanyalah mitos dan cerita rakyat pada zaman dahulu," kata Abdul Somad, Rabu (9/3/2016).

Laporan Reporter Tribunnews Video, Hadi Maulana

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Meski tak melewati secara penuh, namun gerhana matahari total (GMT) juga bisa bisa terlihat di Pulau Batam.

Kendati demikian, masyarakat Batam banyak yang memilih untuk shalat Kusyuf al Syams (Gerhana Matahari).

Ust H Abdul Somad ditemui usai melakukan shalat gerhana matahari di masjid Baiturraham Sekupang mengaku gerhana matahari ini merupakan kebesaran Allah SWT yang menciptakan bumi dan seisinya.

"Jadi kalau ada presepsi lain diluaran sana, itu hanyalah mitos dan cerita rakyat pada zaman dahulu," kata Abdul Somad, Rabu (9/3/2016).

Somad, begitu sering disapa juga mengungkapkan kalau secara ilmiah gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

"Ada 4 hal yang dianjurkan Rasullulah saat terjadinya Gerhana Matahari, yang pertama shalat, mengucapkan kalimat kebesaran Allah, berdoa dan bersedekah," kata Somad.

Editor: Hadi Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help