Bintan Triathlon Ironman

Agustus, Bintan bakal Gelar Even Triathlon Ironman

para atlet akan bersepeda sejauh 56 mil (90 km) di jalanan Bintan yang mulus beraspal. Sebagai penutup, penonton akan menyaksikan para at

Agustus, Bintan bakal Gelar Even Triathlon Ironman
Dok- ilustrasi
Perhelatan Triathlon Ironman beberapa waktu lalu

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Sukses menghadirkan Tour de Bintan, tidak membuat Pemerintah Kabupaten Bintan berdiam diri.

Bersama instansi terkait, Bintan kembali menghadirkan ajang bergensi dan selalu diikuti oleh peserta-peserta dari beberapa negara, dalam even Triathlon Ironman 70.3.

Ajang olahraga Ironman 70.3 merupakan sport tourism berupa triathlon yang menggabungkan olahraga renang, sepeda, dan lari ini, akan kembali digelar di Bintan pada 28 Agustus 2016 mendatang.

“Kami dari Kemenpar sangat mendukung even bergensi ini, salah satu upaya mendongkrak kunjungan wisman ke Indonesia,”kata Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dalam rilis yang di terima Tribun, Minggu (10/4) di Jakarta.

sebelumnya, Tahun ini merupakan kali kedua Ironman 70.3 digelar di Bintan.

Angka 70.3 mengacu pada banyaknya mil yang akan ditempuh para atlet. Mereka akan berenang sejauh 1,2 mil (1,9 kilometer) di laut sebagai permulaan.

Selanjutnya, para atlet akan bersepeda sejauh 56 mil (90 km) di jalanan Bintan yang mulus beraspal. Sebagai penutup, penonton akan menyaksikan para atlet berlari 3 lap sejauh 21 Km.

"Ironman adalah ajang olahraga bergengsi yang digelar di hampir seluruh dunia. Di Indonesia, kami memilih Bintan karena infrastruktur dan fasilitasnya yang mendukung. Begitu pun pemerintah setempat," tutur Nathalie Marquet, CEO Metasport sebagai penyelenggara Ironman 70.3 saat konferensi pers di FX Sudirman, Kamis (7/4/2016).

Kali ini, kompetisi Ironman 70.3 berpusat di Plaza Lagoi yang merupakan pusat pengembangan pariwisata.

Spot ini berada di Teluk Lagoi yang masuk dalam Bintan Resorts. Ironman 70.3 tahun ini menjaring banyak peserta dari Kejuaraan Dunia Ironman 2016 di Kona, Hawaii. Hal ini karena Bintan dan Hawaii memiliki lanskap serupa.

"Tahun lalu ada 800 peserta yang ikut serta. Kali ini kami menargetkan 1.000-1.200 peserta, sedikitnya 15 persen atlet dari Indonesia," tutur Nathalie.

Tahun lalu, Ironman 70.3 diikuti atlet dari 40 negara berbeda. Mayoritas berasal dari Australia, Jepang, Britania Raya, dan Perancis.

Selain Ironman 70.3, Pulau Bintan juga akan jadi tuan rumah Bintan Triathlon pada 28-29 Mei 2016 mendatang. Event ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga Kementerian Pariwisata.

"Bintan adalah tempatnya cross-border untuk wisman masuk Indonesia. Ironman dan ajang sport tourism lain menjadi sarana mempromosikan destinasi Bintan. Kemenpar sangat menyambut baik event ini," tutur Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika dari Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya dalam kesempatan yang sama.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help