Nuryanto Minta Menko Perekonomian Masukkan Unsur DPRD Batam jadi Anggota DK FTZ

Ketua DPRD Nuryanto sudah mengusulkan agar ada unsur anggota Dewan Kota Batam masuk dalam Dewan Kawasan (DK) FTZ yang baru terbentuk.

Nuryanto Minta Menko Perekonomian Masukkan Unsur DPRD Batam jadi Anggota DK FTZ
Tribun Batam/A. Purwoko
Nuryanto, Ketua DPRD Batam. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Ketua DPRD Nuryanto sudah mengusulkan agar ada unsur anggota Dewan Kota Batam masuk dalam Dewan Kawasan (DK) FTZ yang baru terbentuk.

Usulan tersebut ia ungkapkan langsung kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang juga menjabat sebagai Ketua DK.

"Sudah, semalam (Kamis malam) kami diterima Pak Menteri jam tujuh. Jadi kami ungkapkan langsung mengenai pelaksanaan pemerintahan di Batam ini. DPRD kan salah satu pelaksana otonomi daerah juga. Mengenai perkembangan perubahan BP Batam ini kami tanyakan kenapa dan mengapa tidak dimasukan dalam DK, kalau mengacu pada otonomi daerah," tutur Nuryanto.

Nuryanto mengatakan bahwa Darmin beralasan bahwa hal itu bukan disengaja. Namun, ‎sudah berdasarkan usulan atau rekomendasi dari daerah, yakni Pemprov Kepri dan DPRD Kepri.

"Bukan disengaja, tapi memang tidak terpikirkan. Pak Darmin bilang pembentukannya itu justru sudah berdasarkan rekomendasi dari daerah. Selama pembahasan itu, bahkan tidak ada menyebut-nyebut nama DPRD Batam sama sekali," kata Nuryanto.

‎Nuryanto beralasan bahwa usulan itu mereka ajukan karena sejauh ini, BP Batam merasa tidak memiliki kemitraan dengan DPRD Kota Batam.

Sehingga secara teknis, seandainya muncul persoalan-persoalan yang menyangkut kepentingan masyarakat, DPRD Batam kesulitan menjangkaunya.

"Ini yang jadi latar belakangnya.‎ Kami bagian dari pemerintahan daerah, jadi secara aturan juga bisa menjadi bagian dari DK," ujar dia.

Kata Nuryanto, Darmin berjanji akan membawa usulan tersebut menjadi bahasan dalam rapat DK nanti.

‎Selain itu, Nuryanto pun menyampaikan bahwa DPRD Batam akan membuat pansus otonomi daerah.

"Bapak itu bilang tidak ada masalah katanya," ujar dia.(*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help