Selama Empat Bulan Gaji Kades dan Perangkatnya di Bintan Belum Dibayarkan

PARAH. Selama Empat Bulan Gaji Kades dan Perangkatnya di Bintan Belum Dibayarkan. Alasannya 'Belum Ada Desa yang Serahkan SPJ'

Selama Empat Bulan Gaji Kades dan Perangkatnya di Bintan Belum Dibayarkan
Tribunnews Batam/Istimewa
ilustrasi Gaji

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN – Sebanyak 51 kepala desa (Kades) di Kabupaten Bintan beserta perangkat desanya, mengaku belum menerima gaji bulanan selama empat bulan di tahun anggaran 2016.

Hal itu pun membuat mereka kebingungan untuk menutupi pengeluaran mereka selama empat bulan terakhir.

Kades Malang Rapat, di Kecamatan Gunung Kijang, Yusran Munir mengatakan sudah pernah menyampaikan kondisi tersebut, ke Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Bintan.

Oleh Kepala BPMPKB, Kartini, belum dibayarkanya gaji mereka, dikarenakan masih ada desa lain yang terlambat menyerahkan dokumen pertanggungjawaban sebagai syarat untuk pencairan bantuan keuangan itu.

“Jadi, belum bisa dicairkan karena masih ada desa belum menyerahkan SPJ nya,” katanya, Selasa(19/4/2016).

Salah satu perangkat desa di Kecamatan Toapaya, Rusli, mengatakan, soal keterlambatan desa lain belum menyerahkan SPJ, seharusnya tidak bisa dijadikan alasan BPMPKB menahan anggaran untuk gaji kades dan perangkat desa.

“Itu kan tak adil dan tidak masuk akal. Jika alasan itu yang jadi dasar mereka (BPMKB). Yang saya ketahui dan masih ingat, pak Bupati, pernah menyampaikan, khusus kebijakan untuk desa, bersifat langsung dan tak perlu menunggu, kalau desa itu sudah menyelesaikan kewajibannya, maka desa itu berhak langsung dikucurkan tanpa menunggu desa lain, tapi ini kok jadi lain yang kita dengar,”katanya. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help