Surat Pengganti Pengalaman Kerja Kini Bisa Diminta ke BPJS Ketenagakerjaan

Yang dimaksud dengan surat penggantian pengalaman kerja bagi tenaga kerja atau pekerja adalah, bagi perusahaan yang sudah pailit atau sudah tutup.

Surat Pengganti Pengalaman Kerja Kini Bisa Diminta ke BPJS Ketenagakerjaan
tribunnews Video/Hadi Maulana
Direktur Pelayanan dan Kepatuhan BPJS Ketenagakerjaan, Evi Afiatin memastikan pelayanan di BPJS Naker Batam Sekupang normal tampa ada kendala yang berarti. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM -Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam memberikan pengumuman kepada para pekerja dan perusahaan.

Pengumuman itu berisikan, bahwa mulai Senin (11/4/2016) lalu, pelaporan tenaga kerja keluar bagi perusahaan dan surat penggantian pengalaman kerja bagi tenaga kerja atau pekerja, pengurusannya bukan lagi diurus di Disnaker.

Tapi sudah menjadi wewenang BPJS Ketengakerjaan Cabang Batam.

"Ini kebijakan. Setelah kami pertimbangkan memang BPJS Naker yang punya gawean. Kalau dulu memang di Disnaker semua diurus. Tapi itu hanya meminimalisir waktu saja dan layanan cepat membantu. Tapi sekarang wewenang itu ada di BPJS Naker," kata Kepala Disnaker Batam Zarefriadi ketika dihubungi melalui ponsel genggamnya, Kamis (5/5/2016) pagi.

Dijelaskan Zarefriadi lagi, yang dimaksud dengan surat penggantian pengalaman kerja bagi tenaga kerja atau pekerja adalah, bagi perusahaan yang sudah pailit atau sudah tutup.

Sedangkan pelaporan tenaga kerja keluar bagi perusahaan adalah berlaku bagi perusahaan yang karyawannya keluar atau resign dari perusahaan tertentu.

"Jadi langsung diurus saja ke BPJS Naker," imbuh Zaref.

Untuk pengumunan itu, juga sudah ditempel di pintu masuk kantor Disnaker Batam yang terletak di Jalan Kartini, Sekupang, Batam, Kepri.(*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help