Air Jahe Bisa Jadi 'Jahat' untuk Tubuh Jika Dikonsumsi Seperti ini

"Reaksi ini memang tak selalu terjadi pada semua orang, tetapi hal ini sangat mungkin terjadi, terlebih pada mereka yang memiliki perut sensitif atau

Air Jahe Bisa Jadi 'Jahat' untuk Tubuh Jika Dikonsumsi Seperti ini
Istimewa
Ilustrasi Jahe 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Air jahe telah lama dikenal karena kemampuannya dalam menenangkan perut, serta meredakan beberapa penyakit yang terkait dengan udara dingin, seperti kembung, batuk, hingga flu.

Tetapi, air jahe juga dapat menjadi “jahat” bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan.

Menurut Chris Kilham ahli pengobatan alternatif The Medicine Hunter, air jahe merupakan salah satu obat yang paling terkenal untuk menghilangkan sindrom penyakit dingin, seperti benar-benar dapat membunuh rhinovirus yang merupakan penyebab pilek.

Lebih umum lagi, air jahe sudah lama digunakan sebagai pereda rasa mual akibat kembung atau mabuk.

"Walau begitu, jahe bisa merangsang produksi empedu dan menjadi bantuan pencernaan yang menguntungkan. Tetapi jika Anda mengonsumsi air jahe tanpa mengonsumsi makanan apapun sebelumnya perut kosong dapat menyebabkan stimulasi berlebihan pada lambung yang justru menyulitkan pencernaan," kata Kilham.

"Reaksi ini memang tak selalu terjadi pada semua orang, tetapi hal ini sangat mungkin terjadi, terlebih pada mereka yang memiliki perut sensitif atau lambung bermasalah," lanjut Kilham.

Untuk menghindari masalah lambung, Kilham menyarankan untuk mengonsumsi camilan atau makanan sebelum meminum air jahe dan hanya meminum dalam jumlah yang wajar, yaitu secangkir air jahe atau teh jahe dalam satu waktu.(*)

Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help