Urus Akta Lahir Anak Kini tak Perlu Pengantar RT/RW, Cukup Bawa KK ke Kantor Lurah

Pengurusan akta lahir anak kini tidak perlu ada pengantar dari RT/RW sebagaimana selama ini dijalankan Disdukcapil se-Indonesia.

Urus Akta Lahir Anak Kini tak Perlu Pengantar RT/RW, Cukup Bawa KK ke Kantor Lurah
tribunnews batam/leo
Kabid Catatan Sipil Disdukcapil Kota Batam Jamaris SE. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM -Pengurusan akta lahir anak kini tidak perlu ada pengantar dari RT/RW sebagaimana selama ini dijalankan Disdukcapil se-Indonesia.

Kebijakan ini berlaku setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo mengeluarkan Surat Edaran (SE) bernomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016 lalu,

Dalam surat tersebut Mendagri menegaskan, seiring dengan semakin tertatanya database kependudukan di seluruh Indonesia, maka dalam pelayanan perekaman, penerbitan, dan penggantian e-KTP yang rusak dan tidak merubah elemen data kependudukan, perlu penyederhanaan prosedur.

Yang perlu dilakukan warga hanyalah menunjukan fotokopi kartu keluarga (KK)

“Cukup dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga, tanpa surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan/Kecamatan,” tegas Mendagri sebagaimana dikutip dari kompas.com

Untuk penerapan di Kota Batam, Kepala Disdukcapil Kota Batam Mardanis AMP SE melalui Kabid Catatan Sipil Jamaris SE mengatakan telah melaksanakan surat edaran tersebut.

"Bahkan sebelumnya kami lakukan juga semacam itu. Iya, karena berkaitan dengan kebijakam pusat itu, pak Kadis akan memberikan surat pemberitahuan kepada lurah se-Kota Batam," kata dia Kamis (26/5) pagi.

Dia menambahkan, pengurusan akta lahir di Batam saat ini cukup di kelurahan.

Nantinya, pihak kelurahan yang akan melanjutkan berkas ke Disdukcapil.

"Nah bagi masyarakat yang langsung juga ke Disdukcapil tak masalah. Asalkan syarat dan ketentuan lengkap sesuai amanat pak Mendragri.Kami proses segera. Intinya memudahkan,"tambahnya. (*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help