Aplikasi Ini Bantu Pengguna Android Pilih Aplikasi yang Perlu Dihapus

Yang jelas, aplikasi tersebut bakal membantu pengguna menimbang-nimbang aplikasi mana saja yang benar-benar dibutuhkan dan tidak

Aplikasi Ini Bantu Pengguna Android Pilih Aplikasi yang Perlu Dihapus

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Banyaknya kebutuhan masyarakat modern berbanding lurus dengan jumlah aplikasi yang disematkan di smartphone atau tablet.

Aplikasi-aplikasi tersebut kerap memakan kapasitas memori yang tinggi, misalnya aplikasi game atau media sosial berbasis video.

Masalahnya, banyak smartphone yang beredar dengan kapasitas penyimpanan minim dan tak bisa ditambah. Untuk itu, Google memperkenalkan aplikasi bertajuk Uninstall Manager di Play Store.

Aplikasi tersebut sejatinya telah muncul sebagai APK pada pertengahan tahun lalu. Tak jelas pula sejak kapan Uninstall Manager hadir resmi di Play Store.

Yang jelas, aplikasi tersebut bakal membantu pengguna menimbang-nimbang aplikasi mana saja yang benar-benar dibutuhkan dan tidak, sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Minggu (5/6/2016).

Fungsi Uninstall Manager bakal tampak ketika pengguna hendak mengunduh aplikasi baru, namun kapasitas penyimpanan tak memadai.
Uninstall Manager bakal menunjukkan aplikasi-aplikasi mana saja yang selama ini kurang dimanfaatkan pengguna, lengkap dengan asupan memori yang termakan.

Dengan begitu, pengguna bisa memutuskan dengan lebih bijak ketika hendak melengserkan sebuah aplikasi. Atau, pengguna juga bisa memikir dua kali sebelum menginstal aplikasi baru.

Selain menjadi konsultan aplikasi, Uninstall Manager juga lebih simpel digunakan.

Saat diberi tahu soal aplikasi mana yang tak sering digunakan, pengguna bisa langsung menghapus aplikasi itu di Uninstall Manager tanpa kembali ke Settings terlebih dahulu.

Aplikasi ini cocok untuk para pemilik ponsel dengan kapasitas minim. Untuk mengunduhnya, buka tautan ini. Namun, pastikan Play Store Anda sudah diperbarui ke versi termutakhir.(kompas.com)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved