Untuk Penataan Dapur. Ini Beberapa Saran dari Anggota Ikatan Arsitek Indonesia Kepri

Selain aspek di atas, beberapa prinsip perancangan ruang dapur dapat di terapkan misalnya dalam aspek warna

Untuk Penataan Dapur. Ini Beberapa Saran dari Anggota Ikatan Arsitek Indonesia Kepri
istimewa
ilustrasi Desain Dapur 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Secara umum dapur adalah ruangan yang digunakan sebagai tempat mengelola dan menyiapkan makanan.

"Dapur merupakan ruang yang memiliki karakter spesifik yang unik, karena sifatnya kegiatannya yang lebih aktif yang mungkin jarang kita temukan pada ruangan–ruangan rumah lainnya di dalam rumah.

Baik dari aspek peralatan yang digunakan maupun dari sifat –sifat material yang digunakan dalam kegiatan yang ada di dalam ruang dapur," jelas Septy Karmawan, Arsitek sekaligus anggota dari IAI Kepri.

Peralatan dapur adalah peralatan yang biasanya dipergunakan berulang-uang, kecuali peralatan-peralatan tertentu yang di gunakan pada saat-saat tertentu juga.

"Karateristik pemakaian ini juga mengguide letak serta posisi lay out ruang dapur yang ada, yaitu dengan meletakkan tempat penyimpanan barang-barang tersebut mudah di gapai," ujar dia.

Selain aspek di atas, beberapa prinsip perancangan ruang dapur dapat di terapkan misalnya dalam aspek warna.

Saat ini penggunaan warna-warna muda dapat menjadi solusi bagi ruang dapur yang kecil, sedangkan warnawarna agak gelap dapat menjadi solusi agar kelihatan bersih dan tidak gampang kotor.

Namun demikian warna atau motif yang di gunakan tetap harus mengikuti tema yang ingin di hadirkan, misalnya tema klasik dengan mengekspose motif-motif kayu, tema ceria dengan menggunakan warna cerah, demikian juga bila ingin menghadirkan tema lain.(*)

*Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Senin, 13 Juni 2016

Penulis: Elizagusmeri
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved