Piala Eropa 2016

Gol Tunggal Mario Gomez Antar Jerman ke Babak 16 Besar Sebagai Pimpinan Klasemen Grup C

Jerman pun menyandang status juara Grup C dengan perolehan tujuh poin

Gol Tunggal Mario Gomez Antar Jerman ke Babak 16 Besar Sebagai Pimpinan Klasemen Grup C
MARTIN BUREAU/AFP
Bek Jerman, Mats Hummels (kanan), berduel memperebutkan bola dengan penyerang Irlandia Utara, Conor Washington, dalam laga pamungkas Grup C Piala Eropa 2016 di Parc des Princes, Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Jerman memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 dengan mengalahkan Irlandia Utara 1-0, dalam laga Grup C di Parc des Princes, Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat. Gol tunggal Jerman diciptakan oleh Mario Gomez.

Jerman pun menyandang status juara Grup C dengan perolehan tujuh poin. Tim asuhan Joachim Loew itu hanya unggul selisih gol dari Polandia di urutan kedua, yang juga berhasil menang 1-0 atas Ukraina.

Jerman memang tampil lebih baik ketimbang Irlandia Utara. Sepanjang 90 menit, Jerman mencatatkan 71 persen penguasaan bola, dan melepaskan 26 tembakan yang sembilan di antaranya tepat sasaran.

Pada babak pertama, dua pemain Jerman, yakni Mesut Oezil dan Thomas Mueller, menciptakan sejumlah peluang emas untuk timnya. Meski begitu, kebuntuan baru berakhir pada menit ke-29 melalui Gomez.

Mueller yang menggiring bola hingga ke kotak penalti lawan, dengan cekatan mengoper bola kepada Gomez. Kemudian, Gomez pun tanpa basa-basi langsung menyambar bola ke gawang Irlandia Utara.

Gol tersebut menjadi torehan keempat Gomez dalam beberapa edisi Piala Eropa. Ia hanya terpaut satu gol dari sang pemegang rekor tersebut, Juergen Klinsmann, yang kini merupakan pelatih tim nasional Amerika Serikat.

Memasuki babak kedua, Jerman kembali bertubi-tubi melancarkan serangan terhadap Irlandia Utara. Sementara itu, Irlandia Utara hanya mampu mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-63, Jerman nyaris menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas Mueller. Namun, sepakan Mueller masih dapat diblok Jonny Evans.

Kemudian, pada sisa waktu laga, Jerman kembali mengancam lewat upaya Oezil, Goetze, dan Gomez. Akan tetapi, hingga peluit panjang dibunyikan, keunggulan 1-0 untuk Jerman tetap tidak berubah.(*)

Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help