XL Axiata Jalin Kerjasama dengan Facebook untuk Tingkat Kualitas Akses Bagi Pelanggan

Jika sebelumnya akses ke server Facebook rata-rata yang terjadi delay sekitar 200ms, saat ini delay menjadi kurang dari 8ms

XL Axiata Jalin Kerjasama dengan Facebook untuk Tingkat Kualitas Akses Bagi Pelanggan
istimewa
Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya M 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - PT XL Axiata Tbk (XL) telah mengimplementasikan proyek kerjasama dengan Facebook, guna meningkatkan kualitas akses bagi pelanggan XL ke social media terbesar di dunia itu.

Dari rilis yang diterima Tribun ‎Batam, menyebutkan dalam kerjasama itu XL memindahkan duplikasi server Facebook dari Singapura ke pusat data XL di dalam negeri.

Dengan demikian, beberapa manfaat sekaligus bisa XL dapatkan, termasuk efisiensi dari sisi bisnis.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya mengatakan Facebook adalah social media yang paling popular dan salah satu yang paling intens diakses pelanggan XL.

Dengan mempertimbangkan trend ke depan di mana konten-konten video akan lebih banyak diakses, termasuk melalui Facebook, maka perlu bagi XL meningkatkan kualitas experience pelanggan.

"Jika anda perhatikan, saat ini kualitas akses ke Facebook melalui XL lebih baik dari sebelumnya.” kata Yessi melalui Rilis yang diterima ‎Tribun Batam, Jumat (1/7/2016).

Yessie menambahkan, proyek bersama Facebook ini adalah yang pertama di Indonesia, dan juga belum banyak dilakukan di seluruh dunia.

Dari sisi teknis, dengan memindahkan duplikasi server ke Indonesia, maka akses ke server menjadi lebih dekat sekaligus lebih cepat.

Jika sebelumnya akses ke server Facebook rata-rata yang terjadi delay sekitar 200ms, saat ini delay menjadi kurang dari 8ms.

Dalam hal ini, XL menggunakan Data Center di Jakarta dan Surabaya, dengan total kapasitas 60G yang diperuntukkan khusus hanya untuk Duplikasi Server Facebook tersebut.

Halaman
12
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved