Untuk Desain Dapur Rumah. Ini Saran Arsitek Septy Karmawan dari Ikatan Arsitek Indonesia Kepri

Dapur basah biasanya berhubungan dengan pekerjaan rumah yang bersifat basah misalnya mencuci

Untuk Desain Dapur Rumah. Ini Saran Arsitek Septy Karmawan dari Ikatan Arsitek Indonesia Kepri
istimewa
ilustrasi Desain Dapur 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Secara umum dapur adalah ruangan yang digunakan sebagai tempat mengelola dan menyiapkan makanan.

Dapur dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu dapur basah dan dapur kering.

Dapur basah biasanya berhubungan dengan pekerjaan rumah yang bersifat basah misalnya mencuci, sedangkan dapur kering biasanya adalah dapur yang dipergunakan untuk kegiatan memasak.

"Ruangan dapur memiliki karakter spesifik yang unik, karena sifatnya kegiatannya yang lebih aktif yang mungkin jarang kita temukan dalam ruangan-ruangan rumah lainnya.

Baik dari aspek peralatan yang digunakan maupun dari sifat-sifat material yang digunakan dalam kegiatan yang ada di dalam ruang dapur," jelas Arsitek sekaligus anggota dari IAI Kepri, Septy Karmawan.

Peralatan dapur adalah peralatan yang biasanya dipergunakan berulang-uang, kecuali peralatan-peralatan tertentu yang di gunakan pada saat-saat tertentu juga.

Untuk pewarnaan, penggunaan warna-warna muda dapat menjadi solusi bagi ruang dapur yang kecil, sedangkan warna-warna agak gelap dapat menjadi solusi agar kelihatan bersih dan tidak gampang kotor.

Meski demikian warna atau motif yang di gunakan tetap harus mengikuti tema yang ingin dihadirkan.

Misalnya tema klasik dengan mengekspose motif-motif kayu, tema ceria dengan menggunakan warna cerah, demikian juga bila ingin menghadirkan tema lain.

"Kenyamanan dan keaman dalam melaksanakan aktivitas masak – memasak serta kegiatan tambahan yang lain merupakan hal yang paling utama, sehingga kegiatan itu dapat di lakukan dengan leluasa dan hasil pekerjaan yang di lakukan jadi maksimal," kata Septy. (*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Senin, 11 Juli 2016

Penulis: Elizagusmeri
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help