Akses Telekomunikasi Jadi Keluhan Wisatawan yang Datang ke Sejumlah Objek Wisata Anambas

Menurut dia, selain sarana infrastruktur yang memadai di sekitar lokasi wisata, akses telekomunikasi menjadi hal penting yang dibutuhkan wisatawan

Akses Telekomunikasi Jadi Keluhan Wisatawan yang Datang ke Sejumlah Objek Wisata Anambas
tribunnews batam/sm rohman
Air Terjum Temburun, Anambas, Kepulauan Riau (Kepri). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Potensi pariwisata di Anambas mulai dilirik banyak wisatawan, namun jaringan telekomunikasi yang terbatas ternyata dikeluhkan banyak pihak.

Wisatawan yang pernah berkunjung ke sejumlah lokasi wisata di Anambas, banyak yang mengaku tidak nyaman saat berkunjung karena keterbatasan akses telekomunikasi terutama untuk internetan.

"Lokasinya memang bagus seperti Air Terjun Temburun dan air terjun yang ada di Pulau Jemaja itu (Air Terjun Neraja,red).

Tapi, lebih bagus lagi tempat-tempat itu didukung sarana yang memadai. Seperti akses telekomunikasi," ujar Bowo, satu di antara wisatawan lokal asal Jakarta yang pernah berkunjung ke Anambas saat menghubungi melalui sambungan seluler Rabu (20/7/2016).

Menurut dia, selain sarana infrastruktur yang memadai di sekitar lokasi wisata, akses telekomunikasi menjadi hal penting yang dibutuhkan wisatawan.

Di era teknologi seperti saat ini, menurutnya tidak jarang beberapa wisatawan mengabadikan lokasi melalui foto dan video melalui ponsel cerdas mereka ketika berada di lokasi wisata, kemudian mengunggahnya melalui media sosial.

"Eranya sekarang kan seperti itu. Sebenarnya ini peluang bagi daerah. Artinya promosi secara cuma-cuma yang dilakukan wisatawan untuk daerah yang memiliki objek wisata.

Seperti kemarin ketika berkunjung ke Anambas sekitar pertengahan tahun 2015 kemarin, saya pribadi cukup kesulitan mengupload foto di laman media sosial saya.

Memang bisa dilakukan, tapi memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini yang mungkin menjadi evaluasi kedepan untuk meningkatkan pariwisata di Anambas. Potensi sudah ada, sayang kalau kurang dioptimalkan dengan baik," katanya.(*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Kamis, 21 Juli 2016

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved