Kemendagri Desak Gubernur dan Ketua DPRD Percepat Pilih Wagub

Parpol atau Gabungan Parpol pengusung menusulkan dua orang calon wakil gubernur kepada DPRD melalui Guburnur untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD

Kemendagri Desak Gubernur dan Ketua DPRD Percepat Pilih Wagub
Humas DPRD Kepri
Suasana sidang paripurna DPRD Kepri dengan agenda membahas RPJMD Gubernur Kepri, Senin (25/7). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jendral Otonomi Daerah (Otda) memerintahkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri dan Gubernur Kepri untuk memfasilitasi percepatan pengisian posisi Wakil Gubernur. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung efektifitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Perintah tersebut tertuang dalam telegram yang diirimkan Kemendagri kepada Gubernur Kepri dan Ketua DPRD Kepri. Telegram bernomor T.122/5237/OTDA tersebut ditandatangani oleh Sumarsono, Direktur Jendral Otda tertanggal 20 Juli 2016.

Dalam telegram tersebut, Mendagri juga menyampaikan ketentuan Pasal 176 Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016. Bahwa Parpol atau Gabungan Parpol pengusung menusulkan dua orang calon wakil gubernur kepada DPRD melalui Guburnur untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD Provinsi.

Untuk itu Mendagri meminta gubernur dan Ketua DPRD untuk memfasilitasi percepatan pengisian wakil gubernur dan berkoordinasi dan mengkomunikasikan dengan Parpol atau Gabungan Parpol Pengusung dengan berpedoman pada ketentuan perundang-undangan.

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Kepri Misni membenarkan adanya tersebut. Namun telegram ini tidak dikirim melalui radiogram seperti biasanya, melainkan diambil langsung di Kemendagri. Karena, pada saat itu bertepan dengan adanya kegiatan di Ditjen Otda.

"Sudah terima Jumat (22/7) lalu. Dan sudah disampaikan ke Pak Gubernur juga ke Ketua DPRD Kepri," katanya, Selasa (26/7).

Penulis: M Ikhwan
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help