Cermatlah Minum Antibiotik jika Tidak Ingin Terkena Diabetes

Beberapa obat diketahui bisa menimbulkan masalah kesehatan yang baru dan memengaruhi lingkar pinggang juga dan meningkatkan diabetes

Cermatlah Minum Antibiotik jika Tidak Ingin Terkena Diabetes
Ilustrasi
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Cuaca yang tidak menentu, kadang panas lalu tiba-tiba hujan, adalah cobaan untuk sistem pertahanan tubuh kita.

Banyak yang sampai hari ini masih sehat dan bugar, banyak juga yang sudah tumbang terserang batuk, pilek, radang tenggorokan dan sesak napas.

Sejalan dengan ini, penggunaan obat pun meningkat, tak terkecuali antibiotik dan penisilin.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi suatu jenis obat, baca ini dulu.

Pasalnya, beberapa obat diketahui bisa menimbulkan masalah kesehatan yang baru dan memengaruhi lingkar pinggang juga.

Prevention.com melansir, penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism telah menemukan, hubungan antara penggunaan antibiotik dan peningkatan risiko diabetes tipe-2.

Untuk penelitian ini, peneliti Denmark melacak data dari lebih dari 1,5 juta orang dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua sampai empat obat antibiotik resep memiliki risiko 23 persen lebih tinggi terkena diabetes, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi setiap antibiotik yang diresepkan.

Sementara mereka yang mengonsumsi lima obat antibiotik resep mengalami kenaikan risiko diabetes tipe-2 sebesar 53 persen.

Peneliti mencatat kemungkinan, bahwa orang dengan diabetes, dan orang-orang yang berisiko lebih besar mengalami diabetes, mungkin lebih sering menderita sakit sehingga akhirnya membutuhkan antibiotik lebih banyak daripada rata-rata orang yang sehat.

Namun, studi menemukan hubungan antara penggunaan antibiotik dengan naiknya risiko diabetes.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved