Pemandu Wisata Temukan Jejak Kaki Dinosaurus Terbesar Diperkirakan Berusia 80 Juta Tahun

Seorang pemandu wisata asal Bolivia tanpa sengaja menemukan jejak kaki salah satu dinosaurus terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Pemandu Wisata Temukan Jejak Kaki Dinosaurus Terbesar Diperkirakan Berusia 80 Juta Tahun
KOMPAS.com
Para ilmuwan sedang mengukur jejak kaki abelisaurus, dinosaurus predator yang banyak hidup di Amerika Selatan sekitar 80 juta tahun lalu. Jejak kaki ini ditemukan di wilayah tengah Bolivia. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, LA PAZ- Seorang pemandu wisata asal Bolivia tanpa sengaja menemukan jejak kaki salah satu dinosaurus terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Para paleontolog yakin jejak kaki dengan ukuran lebar satu meter itu berusia 80 juta tahun dan kemungkinan besar adalah jejak kaki seekor dinosaurus predator, abelisaurus.

"Jejak kaki ini lebih besar dibanding jejak kaki lain yang sudah ditemukan selama ini di kawasan yang sama," kata paleontolog Sebastian Apesteguia kepada Reuters.

"Jejak kaki ini adalah yang terbesar untuk dinosaurus karnivora di akhir masa Cretaceous di Amerika Selatan," tambah Sebastian.

Pemandu wisata itu menemukan jejak kaki tersebut awal bulan ini di dekat kota Sucre, wilayah tengah Bolivia. Tulang belulang abelisaurus sebelumnya juga banyak ditemukan di Amerika Selatan.

Fosil abelisaurus pertama kali ditemukan oleh pelaentolog Argentina Jose F Bonaparte dan Fernando E Novas pada 1985.

Setelah menemukan tengkorak lengkap hewan tersebut di Rio Negro, Argentina, para ilmuwan meyakini dinosaurus ini termasuk keluarga baru predator dan bukan pemangsa sejenis tyranosaurus.

Meski tengkorak abelisaurus sudah ditemukan tetapi belum banyak diketahui terkait ukuran hewan prasejarah ini.

Jejak kaki yang baru ditemukan ini diharap bisa memberi tambahan informasi kepada para ilmuwan untuk memperkirakan ukuran dinosaurus tersebut. (kompas.com)

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved