Ruang Kelas Tidak Cukup. Siswa Baru di MTs Ini Belajar di Bawah Pohon

Saat hujan turun, mereka terpaksa menyingkir dan belajar di emperan sekolah agar para siswa dan buku pelajaran mereka tidak basah kuyup

Ruang Kelas Tidak Cukup. Siswa Baru di MTs Ini Belajar di Bawah Pohon
KOMPAS.com/ JUNAEDI
Tak punya ruangan yang cukup, puluhan siswa MTs di Polewali Mandar terpaksa belajar di bawah pohon di depan sekolahnya. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, POLEWALI MANDAR - Puluhan siswa baru di MTs Fatul Amin, Matakali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa harus belajar di bawah pohon di halaman sekolah mereka karena ruang kelas tidak cukup untuk menampung sekitar 300 siswa yang ada.

Saat hujan turun, mereka terpaksa menyingkir dan belajar di emperan sekolah agar para siswa dan buku pelajaran mereka tidak basah kuyup.

Sementara, sebagian siswa lainnya belajar duduk melantai karena kelasnya tak mempunyai meja dan kursi. Dalam ruangan ini, kelas mereka juga disekat menjadi dua bagian.

Sedang di kelas lainnya, siswa belajar di ruangan yang kondisi bangunannya jauh dari layak dan rentan roboh karena bangunan yang terbuat dari kayu dan pelepah daun nipa itu sudah lapuk dimakan usia.

Meskipun para siswa belajar di ruang kelas yang memperihatinkan dan jauh dari layak, namun siswa di sekolah ini tergolong berprestasi.

Banyak catatan prestasi telah ditorehkan para siswa, di antaranya juara sains, juara pramuka dan juara lomba cerdas cermat.

Harfa, salah satu siswa baru yang belajar di bawah pohon, berharap bisa segera mendapatkan ruangan dan mebeler seperti bangku serta kursi yang layak agar bisa belajar lebih baik seperti siswa di sekolah lain terutama di perkotaan yang menikmati fasilitas belajar dan sekolah yang lebih baik.

“Kalau hujan kita biasa berlarian membawa buku dan kursi untuk mencari tempat bernaung,” tutur Harfa.

Kepala MTs Fatul Amin, la Haiyyak menjelakan, sebagian siswa belajar di bawah pohon karena ruangan saat ini tidak cukup untuk menampung 300 siswa di sekolahnya.

Sebagian siswa lainnya belajar lesehan di ruangan yang kondisi bangunnya jauh dari kata layak untuk disebut sebagai gedung sekolah.

Halaman
12
Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help