Perhatikan Hal Ini dalam Mengelola Keuangan Saat Anda Sudah Berusia 40 Tahun

Dengan kesibukan dan kehidupan yang makin rumit, pada saat mencapai umur 40 tahun, seharusnya seseorang sudah berada pada posisi aman

Perhatikan Hal Ini dalam Mengelola Keuangan Saat Anda Sudah Berusia 40 Tahun
shutterstock
ilustrasi mengelola keuangan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada umur 40 tahun seseorang seharusnya sudah tiba pada kemapanan keuangan, setidaknya kebijaksanaan yang membuatnya mampu mengelola keuangan dengan benar.

Dengan kesibukan dan kehidupan yang makin rumit, pada saat mencapai umur 40 tahun, seharusnya seseorang sudah berada pada posisi aman. Tetapi tidak semua yang berumur 40 tahun mengalami hal yang demikian.

Bagi Anda yang akan atau sudah menginjak usia 40 tahun dan mengalami hal itu, ini saatnya untuk berubah.Oleh sebab itu, agar kehidupan Anda semakin baik, simak tips berikut yang perlu dihindari dalam mengelola uang:

1. Gaya hidup naik tidak terkendali

Berbicara tentang gaya hidup, kebanyakan orang mencapai puncak penghasilan mereka pada umur 40 atau mendekati 50, besarnya penghasilan sesuai pula dengan besarnya pengeluaran.

Mobil yang lebih besar, gemar berlibur, dan lebih sering makan di luar. Hidup menjadi lebih sibuk, pengeluaran membengkak di luar kendali. Ini bukan hal yang baik. Hidup dengan kecukupan lebih baik daripada membeli barang-barang yang sudah Anda miliki dan memadai.

2. Memperbesar ukuran rumah

Pada umur 40, Anda seharusnya sudah tinggal di tempat yang nyaman. Nyaman pada saat Anda baru memiliki rumah dengan nyaman pada saat Anda berumur 40 tahun tentu berbeda. Andi ingin memperindah dapur atau memperindah kamar mandi.

Anda mungkin membayangkannya, karena Anda berpenghasilan lebih sekarang dibandingkan ketika Anda membeli rumah itu? Sebagian orang agak berlebihan dalam merenovasi rumahnya. Padahal, mampu memiliki sebuah rumah adalah sebuah kemewahan dan kenyamanan itu sendiri.

3. Membiarkan dana darurat dalam keadaan tetap

Halaman
123
Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help