Meski Defisit Anggaran. Pemko Tanjungpinang Tetap Gelar Gerak Jalan Proklamasi

"Dari zaman saya SD itu sudah ada," kata Lis ditemui usai menghadiri acara Halal Bi Halal Keluarga Besar DPD Pebabri Provinsi Kepri

Meski Defisit Anggaran. Pemko Tanjungpinang Tetap Gelar Gerak Jalan Proklamasi
Tribun Batam/ Ikhwan
Sekelompok peserta gerang jalan Proklamasi Tanjungpinang yang berpakaian vulgar, Kamis (27/8/2015). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Meskipun tengah mengalami defisit anggaran, Pemerintah Kota Tanjungpinang tetap menggelar Gerak Jalan Proklamasi dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI.

Hal ini ditegaskan Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Senin (1/8/2016).

"Kita tetap adakan (Gerak Jalan Proklamasi). Karena itu kan memang sudah membudaya di Kepri khususnya Kota Tanjungpinang.

Dari zaman saya SD itu sudah ada," kata Lis ditemui usai menghadiri acara Halal Bi Halal Keluarga Besar DPD Pebabri Provinsi Kepri dan DPD Legiun Veteran Provinsi Kepri di Gedung Veteran Provinsi Kepri Jalan Basuki Rahmat.

Adapaun pelaksanaan Gerak Jalan Proklamasi yang dulunya dikenal dengan Tri Lomba Juang, direncanakan akan dilaksanakan sesudah peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang.

Untuk teknis pelaksanaannya, tidak jauh beda dengan tahun lalu.

"Inikan intinya untuk menanamkan nilai perjuangan kepada generasi muda. Biar mereka bersemangat dalam mengisi kemardekaan," katanya.

Namun untuk tahun ini, Lis menegaskan, tidak boleh lagi ada peserta yang berpakaian tidak sopan mengikuti kegiatan tersebut.

Peserta harus menggunakan atribut dan pakaian yang bercirikhas dan mencerminkan semangat perjuangan.

"Boleh kereatif tapi tetap harus memperhatikan moto perjuangan. Jangan pakaian-pakaian banci, pakai celana pendek, itu tidak dibenarkan," katanya.

Menurutnya peserta yang menggunakan atribut seperti itu, justaru akan menodai makna dari perjuangan itu sendiri.

Oleh karena itu, dia perpesan kepada panitia pelaksana untuk selektif dan tegas dalam menegakkan aturan dalam pelaksanaan.

Seperti tahun lalu, Gerak Jalan Proklamasi memperlombakan tiga kategori gerak jalan beregu. Yaitu gerak jalan delapan kilometer, 17 kilometer dan 45 kilometer. Panitia menyiapkan hadiah untuk peserta terbaik, baik dari segi atribut maupun kedisiplinan dalam berbaris. (*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Selasa, 2 Agustus 2016

Penulis: M Ikhwan
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved