Tiga Hal Ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Memutuskan untuk Menabung

Anda perlu mengetahui apa saja kebutuhan keuangan Anda di masa depan, mulai kebutuhan jangka pendek hingga jangka panjang.

Tiga Hal Ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Memutuskan untuk Menabung
FACEBOOK/VINDY HARFRIDA
Ilustrasi menabung. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat ingin menabung, yaitu kebutuhan, kemampuan dan komitmen.

Jadi, Anda perlu mengetahui apa saja kebutuhan keuangan Anda di masa depan, mulai kebutuhan jangka pendek hingga jangka panjang.

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan keuangan, Anda juga perlu mengetahui dan mengatur kemampuan Anda dalam menyisihkan pendapatan.

Dengan demikian, Anda tidak sampai menabung secara berlebihan, hingga kesulitan menyiapkan dana sehari-hari.

“Atau sebaliknya malah porsi menabungnya sedikit karena dia lebih suka mengikuti gaya hidup,” kata Budi Raharjo, perencana keuangan OneShildt Financial Planning.

Idealnya, Anda menyesuaikan jumlah dana yang ditabung dengan kebutuhan keuangan. Perencana keuangan menyebut, idealnya setiap orang bisa menabung minimal 10% dari pendapatan bulanannya.

Bila dana yang bisa disisihkan untuk menabung kurang dari 10 persen, Anda harus menghitung ulang pengeluaran rutin Anda. Anda mungkin perlu mengevaluasi atau merombak pengeluaran bulanan Anda. Potonglah biaya rutin yang tidak terlalu penting.

“Jika biaya dasar sudah terpenuhi, maka biaya lain yang bisa dikurangi, seperti biaya pulsa, rokok, rekreasi, dikurangi dulu demi tujuan menabung,” kata Rakhmi Permatasari, perencana keuangan dari Safir Senduk & Rekan.

Dana tersebut kemudian ditempatkan di instrumen investasi, sesuai dengan peruntukannya.

Rakhmi mencontohkan, untuk kebutuhan keuangan kurang dari dua tahun, dana bisa ditempatkan di instrumen yang sifatnya likuid, seperti tabungan, deposito hingga reksadana pasar uang.

Selain memperhatikan tujuan keuangan, pemilihan instrumen investasi juga perlu memperhatikan karakter risiko orang tersebut.

Setelah menentukan dana yang akan ditabung serta alokasinya,

Anda harus bisa menjaga komitmen untuk bisa rutin menabung.

Selain itu, Anda juga harus bisa berkomitmen untuk tidak menggunakan dana yang ditabung atau diinvestasikan untuk kebutuhan yang kurang penting atau yang bersifat emosional dan konsumtif. (kontan, Melati Amaya Dori)

Editor: Sri Murni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved