Pemko Tanjungpinang Izinkan Bangun Menara BTS di Pulau Penyengat, Ini Syaratnya

Boleh dibangun di lokasi tertentu tapi harus ada model. Jangan seperti tower biasa. Misalnya dibangun seperti pohon

Pemko Tanjungpinang Izinkan Bangun Menara BTS di Pulau Penyengat, Ini Syaratnya
Tribunnews Batam / Istimewa
Ilustrasi BTS

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Pulau Penyengat merupakan destinasi wisata unggulan di Provinsi Kepri. Namun kebutuhan sarana telekomunikasi terkadang tidak terpenuhi. Karena memang saat ini tidak ada tower telekomunikasi di pulau tersebut.

Signal semua operator handphone masih mengandalkan tower Base Transceiver Station (BTS) dari kawasan kota. Oleh karena itu, terkadang warga sulit mendapatkan sinyal, termasuk para wisatawan.

Menurut penuturan warga dulunya sempat dibangun tower BTS oleh salah satu operator. Namun dibongkar karena dibangun dekat dengan areal masjid bersejarah Penyengat.

Selain merusak estetika, tower itu juga sempat tersambar petir yang berimbas ke masjid Pulau Penyengat. Tower pun akhirnya dibongkar. Namun sampai saat ini belum kembali dibangun tower telekomunikasi. Warga pun meminta pembangunan tower telekomunikasi namun dibangun di lokasi lain yang agak berjauhan dengan bangunan bersejarah.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatikan Kota Tanjungpinang Wan Samsi menjelaskan tak ada larangan membangun tower di Penyengat. Hanya saja dia meminta siapapun yang ingin membangun tower telekomunikasi di Pulau Penyengat harus memperhatikan nilai estetika.

"Boleh dibangun di lokasi tertentu tapi harus ada model. Jangan seperti tower biasa. Misalnya dibangun seperti pohon. Pohon yang bersejarah di situ misalnya, dibangun seperti pohon itu," katanya, Sabtu (6/8/2016).

Selain itu, lanjutnya, bisa juga dibangun tower seperti menara. Namun harus didesign dengan menampilkan ciri khas melayu.

"Kalau kita tetap mendukung pengembangan pariwisata. Seperi kita juga bangan pelabuhan representatif di Kampung Datok. Ada pontonnya. Ini sebagai bantuk kita mendukung pengembangan wisata di Penyengat," katanya. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved