Inilah Derita Pencari Kerja di Batam

Dia mengaku kewalahan dengan kondisi itu, apalagi setiap hari keluar ongkos buat makan dan mencari pekerjaan namun belum juga dapat

Inilah Derita Pencari Kerja di Batam
tribunnews batam/bobi
Suasana di Aula MPH Batamindo, Mukakuning, Batam 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kawasan industri Batamindo, Mukakuning, Batam terus dibanjiri pencar kerja. Namun banyak pencari kerja yang kecewa lantaran kebanyakan lowongan khusus buat perempuan.

Ardiansyah, pencaker asal Palembang telah beberap pekan menunggu lowongan sesuai dengan kualifikasinya, namun setiap lowongan yang tersedia khusus pekerja perempuan. Lowongan bagi pekerja laki-laki menurutnya, terbilang minim bahkan jarang.

Dia mengaku kewalahan dengan kondisi itu, apalagi setiap hari keluar ongkos buat makan dan mencari pekerjaan namun belum juga dapat.

"Lama-lama bukan kepala aja yang pusing, dompet juga ikut pusing" kata Ardiansyah, belum lama ini, di aula kawasan industri Batamindo. Senada Rahmat, pencaker yang juga berhari-hari menunggu lowongan pekerjaan. Rahmat mengaku mencari peruntungan di Batamindo lantaran persyaratannya tidak njelimet.

Di sini menurutnya, bisa memaklumi pencari kerja perantau. Sehingga tak mudah mengurus berkas seperti SKCK dan sejenisnya, yang tidak boleh diwakilkan pengurusannya.

Dia mengaku telah beberapa kali mencoba melamar di beberapa kawasan industri lain di Batam, namun persyaratan yang dibuat cenderung memberatkan. Ada kawasan industri yang menginginkan semua berkas asli yang sulit dipenuhi terutama buat pendatang.

"Di tempat lain ada juga lowongan, tapi kebanyakan minta SKCK asli, kami ini tak bisa ngurus yang asli, adanya cuma yang di scan. Kalau punya yang asli enak, kalau di sini masih mau terima, tapi lowongan pulak tak ada" kata Rahmat. (*)

Penulis: Bobbi
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help