Kelola Duit Ratusan Juta, Kades di Anambas Minta Dibantu

Desa kini dipercayakan untuk mengelola sendiri dana desanya dengan besaran hingga ratusan juta rupiah

Kelola Duit Ratusan Juta, Kades di Anambas Minta Dibantu
net
ilustrasi. dana desa 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Kepala Desa di Kabupaten Anambas meminta adanya pendamping teknis dalam mengelola dana desa yang bersumber dari APBN.

Seperti diketahui, desa kini dipercayakan untuk mengelola sendiri dana desanya dengan besaran hingga ratusan juta rupiah tergantung dari luas wilayah serta jumlah penduduk.

Asmarandi, Kepala Desa Tarempa Barat yang ditemui mengatakan, usulan pendamping desa menurutnya sudah pernah disampaikan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hadirnya sarjana pendamping desa untuk masing-masing desa pun, menurutnya masih menjadi tanda tanya sebab dalam petunjuk yang diberikan tidak ada untuk mengurus dana teknis seperti dana desa yang bersumber dari APBN.

"Tantangan terberat adalah pendamping teknis. Dengan adanya alokasi pendamping teknis apakah dari dinas yang mengetahui kegiatan pembangunan seperti pekerjaan umum," katanya.

"Paling tidak kami merasa terbantu. Untuk program pendamping desa itu memang sudah ada, namun bukan dalam kegiatan. Dalam surat yang disampaikan itu, disampaikan hanya membantu Kepala Desa dalam menyusun APBDes, RPJMDes serta hal-hal lainnya. Tidak ditunjukkan untuk mengurus dana teknis itu," ujarnya Senin (8/8/2016). (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved