Dapat Dana Besar, Kepala Desa di Anambas Malah Mundur

Berapa faktor yang membuat kepala desa terpaksa mundur akibat ketidakmampuan desa dalam mengelola dana desa

Dapat Dana Besar, Kepala Desa di Anambas Malah Mundur
net
ilustrasi. dana desa 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Kepala Desa yang mengundurkan diri jabatannya sehingga diisi oleh Pejabat Sementara (Pjs) kembali mendapat tanggapan.

Wakil Ketua I Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Kepri, Wahyudi menilai terdapat beberapa faktor yang membuat kepala desa terpaksa melakukan hal tersebut, salah satunya ketidakmampuan desa dalam mengelola dana desa yang bersumber dari APBN.

"Saya menilai ada beberapa faktor. Salah satunya, dia belum mampu untuk mengelola," ujarnya Selasa (9/8/2016).

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Kepulauan Anambas ini menambahkan, sejumlah bimbingan teknis yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten kepada aparatur desa dalam mengelola dana desa yang nilainya terbilang fantastis ini pun, masih dirasa belum maksimal.

Ini menurutnya bisa dilihat dari masih ditemukannya sejumlah desa yang merasa bingung dalam menjalankan dana desa termasuk dalam mengurus administrasi bahkan proses pencairan dana desa itu sendiri.

"Kami apresiasi upaya dari Pemerintah Kabupaten seperti bagian Pemdes dalam melakukan bimtek. Hanya saja, kami melihat bimtek yang dilakukan itu belum maksimal. Ini memang tergantung dari penyerapan kepala desa yang bersangkutan dalam pelaksanaan bimtek tersebut," terangnya. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved