Sulitnya Cari Kerja di Batam

Kadisnaker Akui Indikasi Rekrutmen di Luar Batam. Perusahaan Diminta Utamakan Pencaker Lokal

Kepala Disnaker Kota Batam Zarefriadi mengaku adanya indikasi sejumlah perusahaan di Batam masih melakukan rekrutmen tenaga kerja dai Jawa.

Kadisnaker Akui Indikasi Rekrutmen di Luar Batam. Perusahaan Diminta Utamakan Pencaker Lokal
tribunnews batam/bobi
Ratusan pancari kerja (Pencaker) pria memadati aula MPH Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning, Batam, Kamis (12/5/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam Zarefriadi mengaku adanya indikasi sejumlah perusahaan di Batam masih melakukan rekrutmen tenaga kerja dai Jawa.

Bahkan kata dia, di meja kerjanya masih ada beberapa perusahaan yang membuat permohonan rekrutmen pekerja dari luar Batam sejak tiga bulan terakhir ini.

"Iya, memang ada terindikasi beberapa perusahaan masih merekrut tenaga kerja dari luar Batam. Bahkan tiga bulan terakhir ada yang mengajukan. Tapi kami belum setujui kan," kata Zaref sapaan akrabnya, Rabu (10/8/2016) pagi.

Zaref pun meminta perusahaan-perusahaan yang berdomisili di Batam diminta menghentikan rekrutmen tenaga kerja dari luar Batam.

Baca: Pencaker Lokal Minta Hentikan Rekrutmen Tenaga Kerja di Luar Batam

"Ini juga memang menjadi masalah sosial. Kami minta perusahaan perusahaan-perusahaan yang berdomisili di Batam agar menghentikan rekrut dari luar dan lebih memprioritaskan warga yang dipekerjakan dan memiliki identitas sebagai warga Batam. Buktinya apa, barangkali KTP, dan dokumen yang sah lainnya dari pencaker itu sendiri. Itu dia," imbau Zaref.(*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help