Ibadah Haji 2016

Panitia Haji: Seluruh Visa Haji Embarkasi Batam Telah Terbit

"Visa sudah terbit semua, paspor juga sudah selesai. Tidak masalah," kata Ketua PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam

Panitia Haji: Seluruh Visa Haji Embarkasi Batam Telah Terbit
tribunnews batam/elizagusmeri
Bandara Hang Nadim Batam mulai hari ini, Selasa (9/8/2016), menerbangkan kelompok terbang (Kloter) pertama Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Batam ke Jeddah. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam memastikan seluruh visa calon jamaah haji sudah terbit dan tidak ada kendala lagi.

"Visa sudah terbit semua, paspor juga sudah selesai. Tidak masalah," kata Ketua PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Marwin Jamal di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (10/8/2016).

Pada tahun 2016, Pemerintah Arab Saudi menerbitkan visa haji berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga dianggap lebih memudahkan panitia.

Bila visa haji tahun-tahun sebelumnya dicetak langsung di paspor, maka tahun ini dicetak di kertas biasa yang kemudian ditempel di paspor.

"Jadi kalau hilang tinggal cetak lagi, tidak susah," kata pria yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri itu.

Ia bersyukur seluruh visa dan paspor calon haji sudah terbit sehingga masalah yang pernah terjadi tahun lalu tidak terulang lagi.

Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan 8.811 orang calon haji beserta 100 orang petugas kloter pada musim haji 1437 Hijriah.

Jamaah yang diberangkatkan yaitu sebanyak 795 orang dari Provinsi Kepulauan Riau yang tergabung dalam Kloter 1 dan 15, dan 4.036 orang dari Provinsi Riau yang berangkat dalam Kloter 2 hingga 10 dan Kloter 20.

Kemudian 1.872 orang dari Provinsi Kalimantan Barat yang berangkat dalam Kloter 11 hingga 15 dan 2.108 orang dari Provinsi Jambi yang berangkat bersama Kloter 16 hingga 20.

Seluruh calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam berangkat menumpang pesawat maskapai Saudi Arabian Airlines jenis Boeing 747-400 dengan kapasitas 450 orang tiap penerbangan.

Pemberangkatan calon haji dibagi dalam dua gelombang, Kloter 1 hingga 14 masuk gelombang pertama yang berangkat ke Madinah dan Kloter 15 hingga 20 masuk gelombang kedua yang berangkat langsung ke Jeddah. (*/ant)

Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved