TribunBatam/

Mimpi Batam Miliki Kebun Raya

Pembangunan Kebun Raya Batam Terus Digesah, Ada Perlakuan Khusus terhadap Tanamannya

Tidak hanya tanaman khas dari Batam, tetapi juga dari Kepri, dan tanaman khas dari daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Pembangunan Kebun Raya Batam Terus Digesah, Ada Perlakuan Khusus terhadap Tanamannya
tribunnews batam/anne maria
Kebun Raya Batam (KRB) di di kawasan Sambau, Nongsa, Kamis (28/8/2014). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Pemerintah Kota Batam menggesa pembangunan Kebun Raya Batam (KRB) yang ditempatkan di Sambau, Nongsa.

Dikatakan Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Gintoyono Batong, saat ini sudah ada lebih dari 200 spesies tanaman yang ditempatkan di sana.

Kebun raya ini merupakan hasil kerjasama antara LIPI dengan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam.

"Saat ini belum terpenuhi semua. Tapi sudah ada lebih dari 200 spesies. Masih diangkut sekarang," kata Gintoyono usai menghadiri rapat dengar pendapat di DPRD Kota Batam, Rabu (10/8/2016).

Nantinya, kebun raya itu akan diisi dengan beragam tanaman.

Tidak hanya tanaman khas dari Batam, tetapi juga dari Kepri, dan tanaman khas dari daerah-daerah lainnya di Indonesia.

"Jadi tidak hanya Batam. Di Kepri saja ada seribu spesies tanaman pesisir. Belum lagi seluruh tanaman di Indonesia," ujarnya.

Untuk berapa total spesies tanaman yang ditempatkan di Kebun Raya Batam, Gintoyono tidak tahu pasti. Namun jumlahnya mencapai ribuan spesies.

"Berapa rencana jumlahnya, itu tergantung berapa dapat dari LIPI dan Dinas KP2K," kata Gintoyono.

Terhadap tanaman- tanaman di Kebun Raya Batam itu, dia memastikan akan ada perlakuan yang berbeda, dibanding tanaman lainnya.

"Beda tanaman gotong royong untuk penghijauan dengan tanaman khusus di kebun raya. Kalau di kebun raya, dicatat mulai dia tumbuh. Ada kelahiran. Ada KTP perjenis tanamannya," ujarnya lagi.

Untuk 2016 ini, dari Pemko Batam memang tidak ada pekerjaan untuk pembangunan Kebun Raya Batam. Lebih difokuskan pada tanaman. Ditargetkan akhir 2017 mendatang, Kebun Raya Batam sudah dilaunching.

"2017 akhir, kami usahakan dilaunching," kata Gintoyono. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help