Thailand akan Keluarkan Tourist SIM, Kartu Ponsel Khusus Warga Asing agar Mudah Dilacak

Otoritas telekomunikasi Thailand telah menyetujui rencana mengeluarkan kartu telepon khusus bagi wisatawan asing supaya mereka bisa dilacak.

Thailand akan Keluarkan Tourist SIM, Kartu Ponsel Khusus Warga Asing agar Mudah Dilacak
www.youtube.com
Pariwisata Thailand 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK- Otoritas telekomunikasi Thailand telah menyetujui rencana mengeluarkan kartu telepon khusus bagi wisatawan asing supaya mereka bisa dilacak.

Harian Bangkok Post, melaporkan, kartu telepon khusus disebut toursit SIM dan kartu itu digagas pihak Komisi Penyiaran dan Telekomunikasi Nasional Thailand (NBTC).

Menurut pihak NBTC, rencana itu akan dikaji lebih lanjut setelah disahkan pada hari Selasa (9/8/2016).

Sekretaris NBTC, Jenderal Thakorn Tanthasit, mengatakan, tourist SIM akan diberikan kepada penduduk asing, entah itu wisawatawan reguler maupun warga asing yang tinggal di negara itu dengan visa jangka panjang.

Thailand sudah secara ketat mengawasi aktivitas online sejak pemerintahan militer berkuasa pasca-kudeta tahun 2014 yang menggulingkan PM Yingluck Shinawatra.

Sejauh ini aparat telah menangkap puluhan orang yang mengunggah bahan bernuansa politik di Facebook dan media jejaring sosial lainnya.

Menurut Jenderal Thakorn, sebagaimana dilaporkan Voice of America, rencana memberikan kartu telepon khusus itu untuk membantu menangkap teroris dan penjahat.

Juga untuk membantu menemukan wisatawan yang mendapat kesulitan atau hilang.

“Kami tidak membatasi hak apapun. Komisi Penyiaran dan Telekomunikasi Nasional tidak berwenang mengecek lokasi pengguna,'' ujar Jenderal Thakorn seperti dikutip Bangkok Post.

“Tetapi jika wisatawan berbuat salah, atau ada surat perintah pengadilan, maka kami akan meneruskan perintah itu ke operator telepon selular dan meminta kerja sama mereka," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved