Ikut Jambore Nasional X di Jakarta. Siswi Asal Papua Ini Senang Lihat Presiden Jokowi Meski Jauh

Pengalaman perjalanan laut selama liha hari dari Manokwari, Ibu kota Papua Barat, hingga ke Jakarta baru pertama dirasakan Resti

Ikut Jambore Nasional X di Jakarta. Siswi Asal Papua Ini Senang Lihat Presiden Jokowi Meski Jauh
Tribunnews.com/Wahyu Aji
Resti satu dari sekian anggota Pramuka asal Manokwari yang mengikuti Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/8/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengalaman perjalanan laut selama liha hari dari Manokwari, Ibu kota Papua Barat, hingga ke Jakarta baru pertama dirasakan Resti (14).

Siswi kelas IX Sekolah Menengah Pertama ini adalah salah satu peserta Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Gadis ceria ini memang bukan keturunan asli Papua. Orangtuanya yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan, membuat perawakannya berbeda dengan anggota Pramuka yang satu rombongan dengannya.

Resti mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Jakarta untuk kali pertama.

Apalagi bisa melihat Presiden Joko Widodo yang membuka peringatan Hari Ulang Tahun ke-55 Pramuka secara langsung, Minggu (13/8/2016).

"Senang sekali, tapi saya dibarisan belakang tadi, jadi hanya bisa memandang dari jauh," kata Resti kepada Tribunnews.com di lokasi.

Menggunakan logat kental warga Papua, Resti menuturkan pengalamannya naik kapal laut dari kampungnya hingga ke Jakarta. Selama lima hari singgah di beberapa kota hingga akhirnya dia dan rombongan tiba di Jakarta.

Rasa penasaran dan bangga Resti rasakan karena bisa terpilih mewakili daerahnya mengikuti Jamnas, bertemu dengan teman-teman baru dari seluruh daerah di Indonesia.

Bertemu dengan ribuan sesama anggota Pramuka bagi Resti juga pengalaman yang baru. Gaya bicaranya yang ramah dan pengetahuan mumpuni terlihat saat berbincang dengan sejawatnya.

"Kami naik kapal dari Manokwari ke Nabire, lalu ke Sorong. Tanggal 6 Agustus kami berangkat, Kapal Gunung Dempo.

Berlabuh di Sulawesi Selatan, nah di situ bertambah anggota Pramuka yang naik, jadi semakin ramai," cerita Resti.

Dari caranya bercerita, bisa dibayangkan betapa seru apa yang dialaminya dalam perjalanan selama menerjang laut nusantara.

Resti adalah satu anggota Pramuka dari 25 ribu yang hadir dalam Jambore Nasional tahun 2016.

Selama di Jakarta dirinya berharap bisa mengunjungi tempat wisata terkenal Ibu Kota.

"Inginnya ke Monas, Ancol. Banyak sebenarnya. Tapi kami juga tidak tahu bisa atau enggak," kata Resti.(*)

Editor: nandarson
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help