Sebaiknya Anda Tahu

Rambut Rontok Tanda Wanita Memasuki Menopause? Tak Perlu Panik, Cobalah Tips-tips Ini

Penyebabnya rambut rontok adanya kekurangan vitamin dalam tubuh, masalah tiroid serta memasuki periode menopause pada wanita

Rambut Rontok Tanda Wanita Memasuki Menopause? Tak Perlu Panik, Cobalah Tips-tips Ini
kompas.com
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Rambut rontok adalah masalah yang sering dialami, terutama oleh wanita.

Penyebabnya antara lain adanya kekurangan vitamin dalam tubuh, masalah tiroid serta memasuki periode menopause pada wanita. Selain itu, penyakit lain yang lebih serius dapat dialami dan mengakibatkan adanya kerontokan rambut.

Dengan mengetahui penyebab terjadinya kerontokan rambut, maka pengobatan dapat disesuaikan dengan hasil yang lebih efektif.

Sebelum langsung meminum obat-obatan, ada cara alami untuk mengatasi masalah rambut rontok ini, inilah tipsnya yaitu :

1. Memperbaiki asupan nutrisi harian

Pastikan makanan sehari-hari mengandung mineral, protein yang menguatkan rambut dan memicu terjadinya pertumbuhan rambut. Protein ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging, kacang-kacangan, biji-bijian, telur dan ikan. Selain itu, untuk menyehatkan kulit kepala, usahakan untuk memenuhi asupan asam omega 3 secara teratur.

Selain dua nutrisi utama untuk rambut, mengonsumsi suplemen zat besi serta zinc dan biotin bagi mereka dengan kondisi gangguan metabolik juga dapat membantu mencegah rambut rontok.

2. Berhati-hati memilih vitamin rambut

Sebelum menggunakan vitamin rambut jenis apapun maupun meminum suplemen, selalu baca aturan pakai, label kandungan di dalamnya serta sempatkan berkonsultasi dengan dokter. Dengan memberitahu dokter, berbagai efek samping yang mungkin terjadi dapat diantisipasi, terutama jika terdapat obat lain yang tengah dikonsumsi.

3. Jangan sembarangan memakai aksesoris dan produk kecantikan rambut

Penggunaan karet rambut, bando maupun sisir yang tidak semestinya dapat membuat rambut lemah dan rontok. Tidak hanya itu, penggunaan pelurus rambut maupun pengeriting yang tidak terlindungi dapat membuat rambut menipis dan mulai patah. Mencoba mewarnai maupun mengeriting rambut secara permanen juga dapat membuat rambut menjadi stres. Perhatikan kecenderungan rambut yang Anda miliki dan jangan memaksakan penggunaan produk atau perawatan apapun secara berlebihan.

Jika tipe rambut yang dimiliki memang termasuk lemah, beberapa alternatif penataan rambut seperti pemasangan hair extension, penggunaan pewarna kulit kepala, memotong rambut pendek agar rambut tidak tampak tipis, membelah rambut ke samping untuk mengalihkan pemandangan rambut tipis serta penggunaan produk penebal rambut dapat dilakukan.

4. Atasi stres

Rambut dapat rontok sebagai eek samping dari adanya kondisi stres, baik secara fisik maupun emosional. Banyaklah berinteraksi dengan orang lain dan jangan ragu untuk meminta pertolongan jika memang sedang berada dalam kesulitan. Jangan biarkan stres menguasai pikiran sehingga berefek buruk pada rambut. Jika sudah terjadi kerontokan rambut, jangan merasa tertekan karena rambut yang semakin tipis dan segera lakukan tindakan penyelamatan. (intisarionline)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help