DPRD Anambas Tutup Mulut soal Rincian Besaran Anggaran Bahas APBD

‎Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas enggan membeberkan rincian anggaran yang dikeluarkan untuk membuat Perda

DPRD Anambas Tutup Mulut soal Rincian Besaran Anggaran Bahas APBD
makassar.tribunnews.com
Ilustrasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - ‎Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas enggan membeberkan rincian anggaran yang dikeluarkan untuk membuat sebuah Peraturan Daerah (Perda).

Dalam pertemuan antara anggota DPRD lintas komisi bersama sejumlah awak media di lantai II DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, mereka cukup terusik dengan satu pemberitaan di media yang sebelumnya menyebut anggaran yang dikucurkan dalam pembahasan satu Perda berkisar Rp 15 juta per anggota.

Hal ini pun cenderung bertolak belakang dengan permintaan DPRD sebelumnya. Awalnya, mereka meminta penjabaran melalui media massa agar tidak terjadi salah persepsi di kalangan masyarakat.

Beberapa dari mereka pun tidak jarang merasa terganggu dengan munculnya pemberitaan terkait anggaran yang dikeluarkan per anggota dewan dalam pembuatan produk hukum tersebut.

‎"Mengenai biaya Perda itu, seharusnya lebih dijabarkan. Ini penting agar tidak terjadi salah persepsi di kalangan masyarakat," ujar anggota DPRD Anambas Nur Adnan Nala Jum'at (19/8/2016).

"Saya secara pribadi merasa terganggu dengan (pemberitaan) itu. Artinya penjabaran menjadi hal penting," terang Indrayana anggota DPRD Anambas lainnya.

Namun, setelah disinggung mengenai rincian detail anggaran dalam setiap pembuatan ‎Perda mulai mengenai perjalanan dinas, beberapa anggota DPRD cenderung keberatan terkait hal tersebut.

‎"Perihal rincian anggaran pembuatan Perda, nanti akan kami diskusikan terlebih dahulu dengan Sekretariat," ujar Imran Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas.

‎Keengganan wakil rakyat dalam memberikan rincian detail anggaran dalam setiap pembuatan Perda pun, juga disampaikan oleh beberapa anggota DPRD lintas komisi yang hadir dalam kesempatan itu.

Indrayana anggota DPRD Anambas lainnya menilai, rincian secara detail mengenai anggaran yang dikucurkan untuk pembuatan Perda menurutnya dapat dipertanggungjawabkan.

Halaman
12
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help