WAJIB DIKETAHUI! Ini Arti Markah Garis Kuning di Pinggir Jalan

Markah jalan yang berbentuk garis lurus panjang berwarna kuning di sisi kanan dan kiri jalan memang terlihat tidak asing, tahukah Anda artinya?

WAJIB DIKETAHUI! Ini Arti Markah Garis Kuning di Pinggir Jalan
tribunnews batam/bobi
Markah garis kuning di Jalan Letjen Soeprapto, dari kawasan Industri Panbill, Mukakuning hingga ke Simpang Kabil, Batam. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Proyek peningkatan jalan di Jalan Letjen Soeprapto, dari kawasan Industri Panbill, Mukakuning hingga ke Simpang Kabil, Batam, hampir rampung.

Ruas jalan tersebut pun sudah diberi markah.

Marka jalan yang berbentuk garis lurus panjang berwarna kuning di sisi kanan dan kiri masing-masing jalan tersebut memang terlihat tidak asing.

Apa sebenarnya makna dan fungsi marka jalan tersebut?

Markah jalan adalah salah satu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang berbentuk garis membujur, garis melintang, garis serong, serta lambang lainnya yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KM 60 tahun 1993 tentang markah jalan, jika berada di tepi jalan marka berupa garis berbiku-biku warna kuning pada sisi jalur lalulintas berarti dilarang parkir pada jalan tersebut.

Markah garis kuning sepanjang jalan merupakan tanda atau isyarat kalau pengendara tidak boleh berhenti sepanjang jalan tersebut.

Demikian juga dengan aktivitas angkutan kota yang tidak boleh menaikkan atau menurunkan penumpang.

Penentuan dibuatnya rambu di area tertentu ini sudah diperhitungkan dengan kebutuhan pengendara.

Untuk Jalan Letjen Soeprapto, merupakan jalur utama yang menghubungkan kawasan strategis di Batam, Mukakuning-Simpang Kabil.

Dengan adanya rambu-rambu ini tentunya aktivitas kendaraan yang melintas tidak akan tersendat oleh kendaraan yang berhenti. (*)

Penulis: Bobbi
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help