TribunBatam/

public service

Bagaimana Cara Urus Izin Gangguan Lingkungan Usaha?

Bagaimana ya cara mengurus gangguan lingkungan pada usaha atau HO? Dan berapa lama itu bisa keluar?

Bagaimana Cara Urus Izin Gangguan Lingkungan Usaha?
internet
Ilustrasi gangguan kebisingan. 

Pertanyaan

Selamat malam Tribun Batam. Bagaimana ya cara mengurus gangguan lingkungan pada usaha atau HO? Dan berapa lama itu bisa keluar? Mohon pencerahan. Terima kasih

Pengirim :+6281272526xxxx

Jawaban

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 12 Tahun 2009 tentang Retribusi Izin Usaha di Kota Batam dan Peraturan Walikota Batam Nomor 13 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Izin Gangguan dan Izin Pembuangan Air Limbah, maka setiap usaha atau badan hukum yang mengadakan kegiatan usaha dengan menggunakan tempat atau ruang tertentu di Kota Batam perlu menindaklanjuti pelaksanaan peraturan tersebut.

Sebelum kami menjawab syarat dan berapa lama, kami jelaskan juga apa itu HO? HO ialah izin gangguan adalah kelompok izin lingkungan yang diberikan bagi tempat-tempat usaha yang diperkirakan menimbulkan gangguan (kebisingan, getaran, kebauan dan emisi) bagi lingkungan sekitarnya yang dikeluarkan oleh Walikota Batam melalui Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Kota Batam.

Mengapa perlu izin gangguan?

Izin gangguan dikeluarkan dengan maksud untuk melindungi orang-orang yang tinggal disekitar tempat usaha yang didirikan terhadap bahaya, kerugian dan gangguan yang ditimbulkan oleh usaha yang didirikan tersebut.

Untuk penguruasan HO, berkas Pengajuan izin HO dapat disampaikan langsung ke pusat pelayanan perizinan terpadu (one stop service) gedung Sumatera Promotion Center, di Batam Center Telpon 0778 - 470021/470022 Faxmile 0778 - 470020. Untuk proses pengurusannya selama tujuh hari kerja.

Selanjutnya, siapa yang harus mengurus izin HO? Adalah bagi penanggung jawab suatu tempat usaha. Pertanyaan lagi, kapan izin gangguan diperlukan? Maka jawabannya adalah bagi kegiatan yang telah beroperasi (izin baru/perpanjangan) dengan masa berlaku 3 (tiga) tahun dan wajib diperpanjang 1 (satu) tahun sekali.

Halaman
123
Penulis: Leo Halawa
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help