Sebaiknya Anda Tahu

Bingung Hilangkan Bau Mulut? Makan Saja Kenyang-kenyang Pasti Hilang

Bau mulut biasanya hanya dikaitkan dengan kebersihan gigi dan mulut. Padahal, kondisi tertentu, bau mulut bisa menjadi tanda kekurangan karbohidrat

Bingung Hilangkan Bau Mulut? Makan Saja Kenyang-kenyang Pasti Hilang
tablodnova.com
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Bau mulut biasanya hanya dikaitkan dengan kebersihan gigi dan mulut. Padahal, dalam kondisi tertentu, bau mulut bisa menjadi tanda ketidakseimbangan kandungan nutrisi dalam tubuh, yaitu kurangnya karbohidrat.

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi paling penting yang membantu menjaga tingkat energi dan juga menjaga sistem saraf pusat yang sehat dan aktif. Sumber makanan utama karbohidrat diperoleh dari kacang-kacangan, jagung, kentang, roti gandum, pasta, nasi dan banyak lagi.

Namun, bagi sebagian orang karbohidrat juga dianggap momok yang harus dihindari agar tak kegemukan. Mengurangi kalori, adalah tujuan mereka memangkas atau sama sekali tak mencantumkan karbohidrat dalam menu makan.

Padahal, amat penting menambahkan karbohidrat dalam pola makan sehari-hari agar tubuh tetap sehat. Seperti yang dilansir dari Boldsky, berikut tanda-tanda dalam tubuh yang terjadi saat Anda kekurangan karbohidrat:

1. Mudah Lelah
Karbohidrat adalah salah satu sumber utama energi. Jadi jika tidak mengonsumsi cukup karbohidrat merasakan lelah sepanjang hari. Tak jarang Anda juga jadi begitu bernafsu mengonsumsi pasta atau roti karena kurangnya asupan yang mengenyangkan.

2. Pelupa
Seperti karbohidrat yang diperlukan untuk fungsi otak, kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi dan memori berkurang. Sama seperti tubuh, otak juga membutuhkan karbohidrat, yang dipecah menjadi glukosa untuk energi. Dan ketika otak tak mendapatkan glukosa yang dibutuhkan, sulit bagi otak untuk bekerja dengan maksimal.

3. Jaringan Otot Melemah
Orang-orang diet rendah karbohidrat bakal kehilangan jaringan otot karena karbohidrat tidak memadai. Mereka yang banyak bergerak juga menjadi lemas karena tubuh akan menggunakan protein (bukan karbohidrat) untuk menjalankan fungsi otot yang dibutuhkan.

4. Mulut Bau
Sebuah studi penelitian menemukan orang-orang yang diet rendah karbohidrat mulutnya bau karena saat tubuh membakar lemak, terjadi ketosis yakni pelepasan zat kimia bernama keton. Inilah mengapa seringkali bau tak sedap timbul di napas mereka yang melakukan diet ketat. Bahkan, menyikat gigi pun tak cukup menghilangkan bau mulut tersebut.

5. Susah Buang Air Besar (BAB)
Kekurangan karbohidrat dapat menghambat metabolisme tubuh. Padahal, karbohidrat kaya kandungan serat yang memudahkan BAB. Jika kurang karbohidrat tanda termudah yang bisa Anda lihat adalah sering mengalami sembelit. Oleh karena itu konsumsi pula sayuran tinggi serat untuk melancarkan pencernaan Anda. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved