Otoritas Pelabuhan di Karimun Wajibkan Penumpang Pakai Life Jacket. Ini Resikonya Kalau Tidak Pakai

Hariadi menyebutkan pihaknya telah sering melakukan sosialisasi dan membagikan life jaket kepada para nahkoda boat pancung

Otoritas Pelabuhan di Karimun Wajibkan Penumpang Pakai Life Jacket. Ini Resikonya Kalau Tidak Pakai
dok tribun
Penumpang Boat Pancung tidak menggunakan life jacket. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun menegaskan seluruh kapal penumpang harus memiliki life jaket, baik itu kapal berukuran besar ataupun boat pancung yang melayani rute antar pulau yang jaraknya dekat.

Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjung Balai Karimun, Ahmad Radiani melalui Staf Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, Hariadi Utama mengatakan setiap kapal yang bergerak maka para penumpang harus memakai life jaket.

Karena itu pihaknya akan menindak tegas pihak kapal yang mengabaikan keselamatan penumpang.

"Dari pihak kita akan menindak tegas berdasarkan aturan yang berlaku. Bisa jadi kita panggil tekong dan kita akan melakukan tindakan," kata Hariadi, Senin (22/8/2016).

Hariadi menyebutkan pihaknya telah sering melakukan sosialisasi dan membagikan life jaket kepada para nahkoda boat pancung.

Namun kebiasaan masyarakat dan penumpang seakan menyepelekan pentingnya keselamatan.

"Ini menyangkut kebiasaan. Masyarakat kita harusnya bisa melihat pentingnya life jaket.

Ini tugas bersama dan kewajiban kita termasuk tekong (nahkoda pancung) untuk terus memberikan kesadaran mengenai keselamatan," ujarnya.

Untuk menghindari hal buruk Hariadi mengimbau agar pihak japal memerhatikan cuaca, tidak melebihi kapasitas dan kemampuan kapal, memastikan mesin dalam kondisi yang baik untuk melaut dan menggunakan life jaket dalam mengaangkut penumpang.

"Lebih baik tak melaut daripada tak sampai," katanya. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved