Sebaiknya Anda Tahu

Bikin Kue Sering Bantat. Jangan Panik, Ini Rahasianya agar Adonan Tidak Bantat

Sungguh jengkel rasanya ketika sedang bersemangat membuat kue, ternyata adonan kue yang sedang diolah tidak mengembang alias Bantat. Ini ngakalinya

Bikin Kue Sering Bantat. Jangan Panik, Ini Rahasianya agar Adonan Tidak Bantat
shutterstock
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Sungguh jengkel rasanya ketika sedang bersemangat membuat kue, ternyata adonan kue yang sedang diolah tidak mengembang alias Bantat.

Terlebih kita sudah merasa bahwa langkah-langkah yang kita lakukan dalam membuat kue sudah tepat. Lalu apa sebenarnya yang harus diperhatikan agar adonan kue tidak bantat? Berikut berikan tipnya!

1. Pastikan Semua Bahan-bahan dalam Suhu Ruang

Maksudnya adalah jika bahan-bahan yang Anda gunakan seperti telur, mentega dan tepung sebelumnya berada di dalam kulkas, diamkan beberapa saat bahan-bahan tersebut di dalam suhu ruang. Jika dirasa suhunya sudah stabil, baru bahan-bahan tersebut bisa digunakan.

2. Kocok Telur Hingga Benar-benar Mengental dan Mengembang

Sebelum mengocok telur, pastikan alat untuk mengocok telur seperti mixer dan spatula dalam kondisi bener-benar kering. Kocok telur hingga mengembang sempurna. Idealnya, mengocok telur hingga mengembang membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit dengan mixer berkecepatan tinggi.

Pada beberapa resep kue, ada syarat untuk mengocok putih dan kuning telur secara terpisah. Nah untuk memastikan apakah putih telur sudah mengembang sempurna, balikkan wadah yang digunakan untuk mengocok putih telur. Jika putih telur tidak jatuh atau tumpah, berarti putih telur sudah terkocok sempurna. Jangan sekali-kali mencampur bahan lain seperti air, minyak, mentega atau tepung jika telur belum benar-benar mengembang sempurna.

3. Jangan Sampai Ada Gumpalan pada Tepung

Sebelum tepung digunakan, ada baiknya menjemur tepung terlebih dahulu agar tidak ada kadar air di dalamnya. Setelah itu, gunakan ayakan saat memasukkan tepung ke dalam adonan untuk memastikan tidak ada tepung yang menggumpal pada adonan. Jika ada tepung menggumpal, akan membuat adonan tidak mengembang dengan baik.

4. Pastikan Oven yang Digunakan Telah Panas Terlebih Dahulu

Panaskan oven sebelum adonan siap untuk dipanggang. Hal tersebut dimaksudkan agar ketika adonan telah jadi, bisa langsung dimasukkan ke dalam oven. Jika adonan didiamkan terlalu lama, adonan yang telah mengembang akan kembali turun sehingga membuat kue menjadi bantat. Namun, memanaskan oven ini agak sedikit tricky. Jangan biarkan oven terlalu panas ataupun tidak panas sama sekali. Anda harus mempunyai perkiraan yang tepat.

5. Jangan Buka Tutup Oven Saat Kue Sedang Dipanggang

Sering membuka tutup oven pada saat memanggang kue ternyata juga bisa membuat kue menjadi bantat. Panas oven yang keluar ketika Anda membuka oven membuat kue yang sudah akan mengembang kembali turun. Jadi sebaiknya biarkan adonan kue berada sekitar 3/4 jam di dalam kue baru Anda cek sesekali. Anda bisa menggunakan lidi untuk mengecek kematang kue. Tusuk kue dengan menggunakan lidi. Jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi, berarti adonan telah matang. (gohitz.com)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved