Sebaiknya Anda Tahu

Ini Jahe, Ini Sakit yang Bisa Disembuhkan dengan Jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan orang tua atau leluhur kita baik sebagai minuman, bahan masakan hingga obat alami.

Ini Jahe, Ini Sakit yang Bisa Disembuhkan dengan Jahe
net
Ilustrasi

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan orang tua atau leluhur kita baik sebagai minuman, bahan masakan hingga obat alami.

Tanaman rimpang dengan rasa pedas ini ternyata memang memiliki banyak manfaat. Ayo, cermati!

1. Obat Atasi Mabuk Perjalanan

Melakukan perjalanan baik untuk keperluan bisnis atau liburan sungguh mengasyikkan. Namun terkadang penyakit mabuk perjalanan bisa membuat Anda sangat menderita sepanjang perjalanan, terlebih lagi jika jalan yang dilalui berkelok-kelok atau naik turun.

Untuk mengatasinya Anda cukup mencari permen atau minuman dari jahe. Tanaman ini bisa dijadikan pertolongan pertama saat mengalami mabuk perjalanan karena jahe dianggap dapat meringankan pusing dan mual dengan merangsang aliran darah ke otak sehingga kondisi kepala dan tubuh Anda bisa kembali pulih seperti biasa.

2. Mengobati Nyeri Menstruasi

Menstruasi merupakan masalah bulanan kaum hawa yang sangat menganggu dan menyakitkan, terutama saat momen awal haid yang menimbulkan rasa nyeri di bagian perut serta menyulitkan aktivitas mereka.

Ada banyak cara untuk meredakan nyeri haid ini, salah satunya dengan mengonsumsi jahe. Khasiat jahe dalam mengatasi masalah ini terletak pada kandungan curcumin yang bisa meredakan nyeri. Mengonsumsi minuman yang mengandung jahe juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menghadapi masalah ini.

3. Mengatasi Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek merupakan gangguan pernapasan umum namun terkadang membuat aktivitas kita tergantung. Terkadang saat bertemu teman atau bekerja, gangguan kesehatan seperti ini juga bisa membuat kita kurang percaya diri atau kehilangan konsentrasi.

Gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe baik dalam bentuk permen atau minuman. Tanaman ini berkhasiat sebagai obat alami untuk melegakan pernapasan serta menghilangkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

4. Mengobati Memar

Saat Anda terbentur lalu mengalami memar pada tubuh Anda, biasanya balok es merupakan solusi untuk mengobati masalah tersebut. Namun ada alternatif lain yakni dengan menggunakan jahe, karena senyawa anti-inflamasi (anti-pembengkakan) yang terdapat dalam sari jahe dianggap bisa meredakan nyeri memar tersebut.

5. Hangatkan Tubuh

Menghangatkan tubuh merupakan khasiat jahe yang paling banyak diketahui orang, terutama mereka yang tinggal di daerah pegunungan. Kandungan antivirus dan antitoksin dalam tanaman ini selain menghangatkan tubuh juga dapat mengatasi masalah masuk angin. (gohitz.com)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved