Jaga Kualitas Air Bersih, Pemko Batam akan Bangun 4 IPAL di Wilayah Padat Penduduk

Pemerintah Kota Batam berencana membangun empat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) terpadu.

Jaga Kualitas Air Bersih, Pemko Batam akan Bangun 4 IPAL di Wilayah Padat Penduduk
Tribunnewsbatam/ net/ist
Pengolahan Air Limbah

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Pemerintah Kota Batam berencana membangun empat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) terpadu.

Pembangunan IPAL ini bertujuan untuk menjaga kualitas air bersih di Batam.

Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam Dendi Purnomo mengatakan, pembangunan IPAL terpadu ini, akan dilakukan Pemko Batam setelah proyek pembangunan IPAL yang dikerjakan BP Batam di Bengkong, selesai.

"Untuk IPAL ada lima rencana IPAL terpadu. Satu IPAL dilaksanakan BP di Bengkong. Empatnya lagi tugas pemerintah untuk membangun, mengelola," kata Dendi kepada wartawan, baru-baru ini di Pemko Batam.

Pembangunan empat IPAL terpadu ini, lanjutnya akan ditempatkan di Piayu, Batuaji, Sekupang dan Batu Besar. Pembangunan dilakukan secara bertahap.

"Satu IPAL itu anggarannya sekitar Rp300 sampai Rp400 miliar. Ya, bertahap kita bangun setelah project BP Batam selesai. BP saja waktunya hampir 3 tahun," ujarnya.

Setiap IPAL yang dibangun memiliki kapasitas yang berbeda.

Tergantung kapasitas buangan di sekitarnya.

Dendi mencontohkan, seperti IPAL yang dibangun BP Batam di Bengkong, nantinya bisa melayani pengolahan air limbah di kawasan Bengkong dan Batam Center.

"Dengan kapasitas 300 liter per detik itu, 15 persen populasi orang di Bengkong dan Batam Center terlayani dengan pengolahan air limbah," kata Dendi.(*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved